PREDIKSI SOAL UJIAN
NASIONAL BESETA PEMBAHASAN
MATA
PELAJARAN BAHASA INDONESIA
TAHUN 2012/2013
1.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi
isi dan bagian suatu paragraf
utama paragraf tersebut
Soal :
Bacalah paragraf berikut dengan
seksama!
|
Gagasan
utama paragraf tersebut adalah...
A. memanfaatkan fasilitas kesehatan yang ada
B. menjaga lingkungannya agar tetap sehat
C. perilaku sehat akan berpengaruh pada pilar-pilar lainnya
D. perilaku sehat merupakan pilar utama
Kunci : D
Pembahasan :
Gagasan utama
atau gagasan pokok merupakan pernyataan umum yang terdapat pada kalimat utama.
Kalimat tersebut bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya.
Kata kunci: Perilaku sehat merupakan
pilar yang paling utama. Kata
yang merujuknya: Hal ini …. (Kalimat kedua).
Seseorang yang berperilaku sehat … (kalimat ketiga); Selain itu, dengan perilaku
sehat … (kalimat
ketiga)
2.
Indikator
SKL : Menentukan
persamaan isi berita
Indikator
Soal : Disajikan
dua kutipan berita, siswa dapatmenentukan
persamaan isi berita tersebut
Soal :
Bacalah teks berita berikut
dengan seksama!
Teks Berita 1
|
Teks
Berita 2
|
Perahu para nelayan di Banaran, Galur, Kulonprogo
hanya diparkir di pantai. Hal itu terjadi karena saat ini
ombak laut mencapai 6 sampai 7 meter. Ombak besar menyurutkan mereka untuk
melaut dan lebih banyak melakukan kegiatan perbaikan alat.
|
Masa sulit ratusan nelayan
Tambaklorok, Semarang belum berlalu. Meski ketinggian gelombang pasang
cenderung mengalami penurunan, mereka belum berani memaksimalkan aktivitas di
laut lepas. Mereka beranggapan gelombang
laut masih membahayakan keselamatan jiwa.
|
Kesamaan informasi kedua teks berita tersebut adalah
….
A. Perahu nelayan banyak yang tidak dimanfaatkan.
B. Resiko yang dihadapi oleh para nelayan di laut.
C. Aktivitas nelayan melaut terganggu gelombang tinggi.
D. Tingginya gelombang laut akibat nelayan tidak melaut.
Kunci : C
Pembahasan :
Informasi adalah keterangan tentang suatu peristiwa. Menentukan persamaan informasi dari dua buah teks, cukup melihat
peristiwa utama dalam teks tersebut.
Peristiwa utama pada kedua teks tersebut adalah terjadinya
gelombang tinggi.
3.
Indikator
SKL : Menentukan
persamaan isi berita
Indikator Soal : menentukan perbedaan
penyajian berita tersebut
Soal :
Bacalah teks berikut dengan saksama!
TEKS 1
|
TEKS 2
|
Yogyakarta kembali diguyur hujan selama 6 jam yang
menyebabkan beberapa wilayah dilanda banjir. Banjir kali ini lebih parah
dibandingkan sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh debit air yang mencapai
ketinggian 50 cm, air keruh, berbau, dan menyebabkan gatal.
|
Jumat (3/12) sore, Kota Yogyakarta kembali diguyur
hujan deras. Di Jalan Kolombo genangan air setinggi lutut orang dewasa.
Beberapa kendaraan tampak macet karena kemasukan air.
|
Perbedaan cara penyajian kedua teks berita tersebut adalah
Teks 1
|
Teks 2
|
|
A
|
siapa, kapan, apa
|
di mana, apa, bagaimana
|
B
|
di mana,
bagaimana, mengapa
|
kapan, di mana, bagaimana
|
C
|
bagaimana, apa, kapan
|
kapan,di mana,
mengapa
|
D
|
di mana,
apa, bagaimana
|
bagaimana, apa,
di mana
|
Kunci : B
Pembahasan :
Untuk menentukan cara penyajian sebuah berita, gunakan
pola
5 W + 1 H: what (apa), who (siapa), where (di mana), when
(kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana).
Teks berita 1: menggunakan pola di mana (Yogyakarta),
bagaimana
( kondisi banjir), mengapa (hal ini
disebabkan).
Teks berita2:menggunakan pola kapan (waktu
banjir), di mana (kawasan banjir), bagaimana (kendaraan tergenang
air) .
4.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi
isi teks biografi/iklan
Indikator
Soal : Disajikan
kutipan biografi tokoh, siswa dapat menentukan
keistimewaan tokoh.Soal :
Cermati teks biografi berikut!
Popularitas Sri Sultan Hamengku Buwana VIII memang tidak seperti Panembahan Senopati, Sultan
Agung, Pangeran Mangkubumi, Pangeran Diponegoro, dan Sultan Sri Sultan Hamengku Buwana IX. Namun,
peran Raja Yogya ini laksana lentera di kegelapan. Visi global telah berkembang
di istana, meski tanpa perumusan rumit yang memusingkan kepala. Sultan Sri Sultan Hamengku Buwana VIII sadar
betul akan perlunya pendidikan putra-putrinya dalam rangka menghadapi
perkembangan dan perubahan zaman salah satu langkah kontroversial yang ia
lakukan adalah menyingkirkan Dorojatun, putra beliau yang masih belia berumur 4
tahun untuk kos pada keluarga Belanda, belajar hidup mandiri, jauh dari sikap
manja dan bermalas-malas, serta harus menjalani hidup disiplin dan kerja keras.
Keistimewaan Sultan Sri Sultan Hamengku Buwana VIII adalah …
A. Sri Sultan menyingkirkan Dorojatun.
B. Raja menitipkan anaknya pada keluarga Belanda.
C. Sri Sultan Hamengku Buwana VIII sadar dalam pendidikan putra-putrinya.
D. Sri Sultan Hamengku Buwana VIII mengembangkan
visi global di lingkungan istana.
Kunci : C
Pembahasan :
Keistimewaan seseorang merupakan sesuatu yang khas dan tidak semua orang memilikinya. Dalam hal ini, Andrea tetap
termotivasi belajarnya meskipun sarananya minim. Sifat
utama/keistimewaan tokoh dalam cuplikan biografi tersebut adalah kesadaran pentingnya pendidikan bagi anak.
5.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi
isi teks biografi/iklan
Indikator
Soal : Disajikan
kutipan biografi tokoh, siswa dapat:
menentukan sifat tokoh yang
dapat diteladani.
Soal :
Keteladanan Sri Sultan Hamengku Buwana VIII adalah
....
A. Mencintai anak-anaknya dengan tulus tanpa pamrih
B. Menganggap Saudara kepada siapa pun termasuk penjajah
C. Memahami pentingnya disiplin dan mandiri untuk masa depan
D. Keberanian mengambil langkah-langkah yang kontroversial
Kunci : C
Pembahasan :
Keteladanan seorang tokoh merupakan sifat/perilaku
baik yang layak ditiru.
Keteladanan tokoh Sri Sultan Hamengku Buwana VIII adalah kemampuan memahami pentingnya kedisiplinan
dan kemandirian untuk masa depan
6.
Indikator
SKL : Menentukan
kalimat fakta/opini dalam iklan
Indikator Soal : Disajikan sebuah iklan,
siswa dapat menentukan kalimat
fakta/opini
Soal :
Perhatikan
iklan berikut!
Kalimat opini
dalam iklan tersebut ditandai adalah ...
A. Mulai
tanggal 1 – 6 Oktober 2007 toko ANEKA banting harga.
B. Diskon
sampai dengan 50% berlaku untuk semua produk.
C. Toko
pakaian ANEKA dengan alamat Jalan Yos Sudarso 123.
D. Barang
yang dijual dijamin bagus, harga menawan, dan murah.
Kunci : D
Pembahasan :
Pendapat = opini adalah tanggapan seseorang terhadap sesuatu dan bersifat subjektif.Kebenaran isinya
tergantung dari sudut pandang masing-masing orang. Kata kunci: dijamin
bagus, harga
menawan, dan murah.
7.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
Indikator
Soal : Disajikan
sebuah iklan siswa dapat menentukan maksud salah
satu kalimat dalam iklan tersebut.
Soal :
Perhatikan
teks iklan berikut!
|
Maksud kalimat bercetak miring dalam iklan tersebut
adalah...
A. Orang yang cerdas dalam berbelanja dan memilih barang.
B. Orang yang berminat membeli barang-barang yang
disediakan.
C. Orang yang tahu barang dan membutuhkannya untuk dijual kembali.
D. Pembeli yang mempunyai uang banyak untuk keperluan
belanja.
Kunci : B
Pembahasan :
Maksud kalimat persuatif dalam sebuah iklan selalu
ditujukan kepada orang-orang yang membutuhkan barang dan mau membelinya.
Kalimat Hanya orang yang tepat yang kami cari dimaksudkan bagi orang
yang berminat membeli barang-barang yang
disediakan.
8.
Indikator
SKL : Menyimpulkan
isi paragraf
Indikator
Soal : Disajikan
sebuah paragraf, siswa dapat menentukan simpulan
isi paragraf tersebut
Soal :
Bacalah
paragraf berikut dengan saksama!
Saat ini mutu menjadi standar keunggulan dan daya
saing dalam kehidupan. Lembaga pendidikan memiliki tanggung jawab yang besar
dalam menghasilkan manusia yang bermutu. Mutu pendidikan dalam arti mikro
adalah mutu hasil pembelajaran. Pembelajaran yang bermutu merupakan indikator
penting dalam keberhasilan pendidikan.
Simpulan paragraf tersebut adalah …
A. Mutu
merupakan standar keunggulan dan daya saing.
B. Mutu
menjadi tanggung jawab lembaga pendidikan.
C. Mutu
dalam arti mikro adalah mutu hasil pembelajaran.
D. Mutu
pendidikan ditentukan oleh mutu pembelajaran.
Kunci : D
Pembahasan :
Simpulan merupakan pendapat akhir dari suatu uraian
berupa informasi berdasarkan pernyataan-pernyataan sebelumnya.Biasanya : simpulan berada pada akhir
paragraf.
9.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi
isi grafik, tabel, bagan, denah
Indikator Soal : Disajikan sebuah grafik, siswa dapat menentukan pernyataan sesuai
isi grafik tersebut.
Soal :
Perhatikan grafik berikut dengan seksama!
Grafik Peserta Ekstrakurikuler
SMP Darma Wangsa
|
Pernyataan yang sesuai dengan isi grafik tersebut adalah …
A. Peminat
olahraga tenis SMP Darma Wangsa setiap tahun menurun.
B. Voli
termasuk olahraga yang menyenangkan di SMP Darma Wangsa.
C.
Peminat ekstrakurikuler
basket hampir sama dari tahun ke tahun.
D.
Ekstrakurikuler basket paling banyak peminatnya tahun 2011.
Kunci : C
Pembahasan :
Berdasarkan grafik batang tersebut, digambarkan data
peminat kegiatan basket hampir sama tiap tahunnya.
10.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi
isi grafik, tabel, bagan, denah
Indikator
Soal : Disajikan
sebuah tabel, siswa dapat menentukan simpulan isi
tabel tersebut.
Soal :
Cermatilah tabel berikut!
Tabel Minat Kelanjutan Belajar Siswa SMP Andalan
Kelas
|
Putra
|
Putri
|
SMA IPA
|
23
|
24
|
SMA IPS
|
27
|
35
|
SMK Teknik
|
31
|
9
|
SMK Administrasi
|
9
|
34
|
Jumlah
|
90
|
102
|
Simpulan tabel tersebut adalah ….
A. Minat siswa SMP Andalan melanjutkan ke SMK paling
banyak.
B. Para siswa
SMP Andalan lebih
suka kelas SMA IPS daripada IPA.
C. Minat ke SMA didominasi siswa putri , baik SMA IPA maupun SMA IPS
D. Minat siswa SMP Andalan melanjutkan pendidikannya beragam baik ke SMA maupun SMK.
Kunci : D
Pembahasan :
Simpulan adalah pernyataan umum
yang menggambarkan keseluruhan isi tabel.
Simpulan tabel tersebut yang
tepat adalah Minat siswa SMP melanjutkan pendidikannya beragam,
baik ke SMA maupun SMK. Jawaban A, B, D tidak menggambarkan
isi keseluruhan tabe tersebut.l
11.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi
isi grafik, tabel, bagan, denah
Indikator
Soal : Disajikan
sebuah bagan, siswa dapat menentukan pernyataan
sesuai isi bagan tersebut
Soal :
Cermatilah bagan berikut!
Susunan Pengurus Koperasi Simpan Pinjam
Pernyataan yang sesuai dengan
isi bagan tersebut adalah.. .
A. Joko Santoso bertanggung jawab kepada Ahmad Munawar
B. Ahmad Munawar bertanggung jawab kepada Mufidus Sani
C. Anaqi Zairli Syazwani dan Ida bertanggung jawab langsung
dengan Ahmad Munawar.
D. Joko Santoso mempertanggungjawabkan tugasnya kepada Ahmad
Munawar.
Kunci : C
Pembahasan :
Hubungan komando (pertanggungjawaban) pada sebuah bagan ditunjukan dengan garis hubung
searah. Sedangkan garis
hubung dua arah menunjukkan hubungan koordinasi saja.
Hubungan yang menunjukkan adanya komando langsung
(pertanggungjawaban) pada bagan tersebut
terdapat pada Anaqi Zairli SYazwani dan Ida kepada Ahmad Munawar.
12.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi
isi grafik, tabel, bagan, denah
Indikator
Soal : Disajikan
sebuah denah, siswa dapat menentukan perjalanan
yang paling efektif
Soal :
Perhatikan denah berikut!
Suatu hari Ryan hendak ke toko sepatu. Sampai di depan masjid, bensin
motornya hampir habis. Ryan memutuskan ke pompa bensin sebelum melanjutkan ke
toko sepatu.
Perjalanan paling pendek yang
harus ditempuh Ryan sesuai ilustrasi tersebut adalah ….
A.
Jalan Mawar, depan
masjid, Jalan Kamboja, Toko Sepatu.
B.
Jalan Mawar, Pompa
Bensin, Jalan Kenanga, Jalan Rosela, jalan kamboja, Toko Sepatu.
C.
Jalan Mawar, Jalan
Rosela, Jalan Kenanga, Pompa Bensin, Jalan Mawar, Toko Sepatu.
D.
Rumah Ryan, Jalan
Melati, Jalan Mawar, Pompa Bensin, Jalan Mawar, Jalan Rosela, Toko Sepatu.
Kunci : B
Pembahasan :
Berdasarkan denah tersebut, perjalanan paling pendek yang harus ditempuh Ryan dari depan masjid ke toko
sepatu adalah Jalan Mawar, Pompa Bensin,
Jalan Kenanga, Jalan Rosela, Jalan kamboja, Toko sepatu.
13.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi
unsur intrinsik puisi
Indikator
Soal : Disajikan
sebuah puisi, siswa dapat:
-
menentukan tema puisi
tersebut
Soal :
Perhatikan kutipan
puisi berikut!
Mesjid di kotaku
pintunya selalu ditutup jika malam,
sebab takut
perabot-perabotnya yang mewah akan hilang
Apakah Tuhan terkurung di dalamnya, memandang kita
dari
kaca jendela sambil melambai-lambaikan tangannya?
Bapak Imam yang memimpin orang-orang sembahyang
seperti
punya keinginan
untuk menjadi malaikat Tuhan, hingga ia
enggan bergaul dengan banyak orang….
Tema puisi tersebut adalah ….
A. religius
B. kritikan
C. sosial
D. budaya
Kunci : B
Pembahasan :
Tema merupakan isu utama yang diangkat dalam sebuah
tulisan (fiksi, nonfiksi). Berdasarkan keseluruhan isi puisi tersebut, tema
yang disampaikan tentang sebuah kritik terhadap kehidupan beragama.
Digambarkan sebuah masjid yang sangat tertutup,
seorang imam yang tidak bersosialisasi/bermasyarakat tidak mencerminkan
kehidupan beragama yang baik.
14.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi
unsur intrinsik puisi
Indikator
Soal : menentukan
larik bermajas pada puisi tersebut
Soal :
Rembulan
(1) Dengan sinar kemilaumu
(2) Walau sesaat
kita bertemu
(3) Di malam purnama ini
(3) Di malam purnama ini
(4) Kau
tersenyum padaku
Larik bermajas pada
puisi tersebut ditandai nomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
Kunci : D
Pembahasan :
Majas yang terdapat pada kutipan puisi tersebut
adalah majas personifikasi, yaitu majas yang menggambarkan benda mati
seolah-olah bernyawa.
Kata kunci: Kau tersenyum padaku
15.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi
unsur intrinsik puisi
Indikator
Soal : Disajikan
dua kutipan puisi siswa dapat menentukan perbedaan
pesan
kedua puisi tersebut.
Soal :
Puisi 1
|
Puisi 2
|
Kupas
tuntas
Dalam
gerakan frontal
Petinggi
membisu
Generasi
padu berseru
“Rapatkan
barisan!”
“bangun
indonesiaku”
|
Daun terap diatas dulang
Anak udang mati dituba
Dalam kitab ada terlarang
Yang haram jangan dicoba
|
Perbedaan pesan kedua puisi tersebut adalah ….
Puisi 1
|
Puisi 2
|
|
A
|
Hidup harus bersemangat
|
Setiap yang hidup akan mati
|
B
|
Mari menjaga barisan agar tetap rapat
|
Mari hidup dengan kitab suci
|
C
|
Pembangunan Indonesia di tangan generasi muda
|
Jangan coba-coba bermain dengan kitab suci
|
D
|
Generasi muda harus bersemangat memperjuangkan masa
depan bangsa
|
Hidup harus menaati aturan sesuai dalam kitab suci
|
Kunci : D
Pembahasan :
Perbedaan pesan kedua puisi tersebut seperti pada
jawaban D.
Puisi 1
menekankan peran generasi muda,
Puisi 2 menekankan pada ketaatan hidup berdasarkan kitab
suci
16.
Indikator
SKL:
Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita
anak
Indikator
Soal:
Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan
latar (waktu, tempat, suasana) cerpen tersebut
Soal :
Keluarga
Pak Sabar sedang duduk-duduk santai. Mereka sedang memperbincangkan sesuatu.
“Begini,” kata Adi mulai menjelaskan gagasannya. “Kita perlu membangun satu
kamar tidur lagi. Tempatnya di belakang dekat dapur,” tambah Adi.
“Ya, saya setuju akan ide itu,” kata Ibu
Sabar. “Betul, saya juga setuju hal itu,” sambung Ida. “Benar ada kamar tidur
buat tamu,“ kata Ida lagi. “Nah, semuanya setuju,” sambung Adi lagi.
“Tunggu dahulu,” sela Pak Sabar, “Harus jelas berapa biayanya. Dari mana sumbernya,“ kata beliau.
“Tunggu dahulu,” sela Pak Sabar, “Harus jelas berapa biayanya. Dari mana sumbernya,“ kata beliau.
Latar tempat peristiwa tersebut adalah ....
A. tempat tidur
B. di belakang dekat dapur
C. di ruang keluarga
D. meja makan
Kunci : C
Pembahasan :
Latar tempat cerita tersebut berdasarkan pilihan yang ada adalah di ruang keluarga. Hal
ini terlihat dalam kalimat : Keluarga Pak Sabar sedang duduk-duduk santai. Mereka sedang memperbincangkan
sesuatu.......
17.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Indikator
Soal : bukti
perwatakan tokoh cerpen tersebut
Soal :
Baca dan cermati kutipan
cerpen berikut !
(1) Waktu itu
gerobak terus menyusuri kampung dengan kelontangnya yang terkenal.
(2) Batu-batu
di jalan itu menyebabkan suaranya nyaring dan keras.
(3) Anak saya
tak mau tidur lagi.
(4) “Kapan
kita pindah? Pindah kerja atau pindah rumah yang tenang?” (5) Istri saya
mendesak lagi.
(6) “Kuminta kau
tenang, Ima. (7) Biarlah anak ini saya yang menidurkan kalau terbangun. (8) Kau boleh saja tidur
terus. (9) Silakan.”
(10) “Bagus ! Coba
sampai kapan kau kuat mengerjakan itu. (11) Bangun malam dan mengemban anak sampai berjam-jam,” kata istri saya.
(12) Dan
ia pun kembali tidur
Bukti watak penyabar pada tokoh saya terdapat pada
kalimat nomor ….
A. ( 3 )
B. ( 5 )
C. ( 4 )
D. ( 6 )
Kunci : D
Pembahasan :
Kalimat nomor 6 menggambarkan bagaimana watak
tokoh saya sangat tenang dan sabar.
18.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Indikator
Soal : cara pengarang menggambarkan watak tokoh dalam cerpen
tersebut
Soal :
Bacalah kutipan novel berikut!
”Jika aku dengar engkau berbicara tadi,
seakan aku yakin padamu. Dan ada timbul rasa sayangku padamu,” kata Iesye,
’akan tetapi kemudian timbul keraguan lagi padaku, apakah itu semua tidak
permainan kata-kata saja bagimu. Lagi pula engkau seorang muda, tapi tiba-tiba
telah jadi kaya raya begini. Rasanya seakan menjijikkan orang-orang muda ikut
memperkaya diri mereka sedang keadaan rakyat kita tersia-sia seperti sekarang
ini. Aku tidak tahu apa mesti kupikir tentang engkau, Yon?”
Suryono terdiam menatap malam di depan
kaca mobil, dan dalam pikirannya timbul pengakuan, “Engkau benar Ies, engkau
tahu aku. Aku sendiri tidak tahu siapa aku dan aku mau apa. Aku pun sudah
kehilangan pegangan, penuh kegelisahan dan ketakutan.”
Senja di Jakarta, Karya:
Mochtar Lubis
Cara pelukisan watak cerita dalam cuplikan novel
tersebut adalah....
A. diceritakan langsung oleh pengarang
B. lewat pikiran-pikiran tokoh
C. dialog antartokoh
D. diceritakan oleh tokoh lain
Kunci : B
Pembahasan :
v Penggambaran watak tokoh dalam cerita tersebut ditampilkan melalui
pikiran-pikiran tokoh.
v Terlihat pada penggalan berikut:
......... dalam pikirannya timbul pengakuan, “Engkau benar Ies,
engkau tahu aku. Aku sendiri tidak tahu siapa aku dan aku mau apa. Aku pun
sudah kehilangan pegangan, penuh kegelisahan dan ketakutan.”
19.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi unsur
intrinsik cerita pendek/cerita anak
Indikator
Soal : Disajikan
kutipan cerita anak, siswa dapat menentukan amanat
kutipan cerita tersebut.
Soal :
Sampai di rumah Pak
Salim terus tidur, berpura-pura sakit. Ketika ditanya oleh isterinya, ia tidak
mau menjawab. Isterinya makin ketakutan. Dibuatkannya minuman dan disediakannya
jagung rebus beberapa buah. Lepas siang hari Pak Salim berkata, “Besok, saya
mau berjualan buah-buahan dan sayuran seperti biasa, tidak mau bekerja lain.
Tuhan tidak adil mengapa orang lain senang dan bahagia, saya tidak.” Jangan
begitu, Pak! Siapa menyuruh engkau bekerja lain. Jangan menyalahkan Tuhan. Itu salahmu sendiri,” jawab isterinya.
Amanat yang terdapat pada cuplikan cerpen
tersebut adalah…
A. Kita tidak boleh menyalahkan menggerutukepada istri.
B. Jangan menyalahkan orang lain apalagi suaminya sendiri.
C. Kita tidak boleh bohong dengan cara berpura-pura sakit.
D. Jangan mudah menyerah menghadapi cobaan.
Kunci : D
Pembahasan :
v Amanat/pesan moral cerita tersebut adalah jangan mudah menyerah menghadapi cobaan.
v Hal ini tergambar pada kalimat : .....“Besok, saya mau
berjualan buah-buahan dan sayuran seperti biasa, tidak mau bekerja lain. Tuhan
tidak adil mengapa orang lain senang dan bahagia, saya tidak.”.....
20.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi
unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Indikator
Soal : Disajikan
kutipan cerita anak, siswa dapat menentukan konflik
kutipan
cerita tersebut.
Soal :
Baca dan cermati kutipan novel berikut!
Pekerjaan ini bukan
pilihanku sendiri. Ketika lulus SD, orang tuaku menasihati agar aku masuk
sekolah guru. Katanya sangat cocok bagi wanita. Untuk membujukku ibuku
menambahkan bahwa libur guru sama panjangnya dengan libur anak sekolah melebihi
orang yang bekerja di kantor. Kata-kata itu diucapkan orang tuaku karena mereka
mengetahui pekerjaan apa yang sebenarnya kuinginkan. Aku bercita-cita menjadi
sekretaris.
Konflik yang terdapat dalam kutipan novel tersebut
adalah ….
A. konflik batin dalam diri tokoh Aku
B. konflik antara anak dengan orang tua
C. konflik antara tokoh Aku dengan gurunya
D. konflik antara tokoh Aku dengan sekretarisnya
Kunci : A
Pembahasan :
v Pada kalimat Pekerjaan ini bukan pilihanku
sendiri. Ketika lulus SD, orang tuaku menasihati agar aku masuk sekolah guru.
Katanya sangat cocok bagi wanita......
Aku bercita-cita menjadi sekretaris.
v Dalam kalimat-kalimat tersebut terjadi perbedaan
pandangan tentang pekerjaan antara anak dengan orang tua.
v Dengan demikian, muncul konflik batin
dalam diri tokoh Aku.
21.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel
Indikator
Soal : Disajikan
dua kutipan novel, siswa dapat menentukan
perbedaan
karakteristik novel tersebut.
Soal :
Kutipan Novel 1
|
Kutipan Novel 2
|
…Beberapa bulan setelah ibumu meninggal dunia, sudah mamak suruh
dia saja dengan perempuan lain, baik orang Makasar atau orang lain negeri.
Dia hanya menggeleng saja, dia belum hendak kawin sebelum engkau besar, Udin.
Pernah dia berkata: separo hatiku ikut ibumu ke kuburan, dia tinggal di dunia
ini dengan hati yang separo lagi…
|
… “Kalau aku melihat wajahmu, aku sehat
sudah. Biar terbang penyakit itu, dan aku sembuh sendiri kelak.” “Moga-moga,
tetapi seelok-eloknya kaki ibu itu diobati juga, supaya sembuh benar-benar.
Biar saya kenalkan …”
“Tidak,
Asri, jangan tergesa-gesa! Obat minum, verban, dan sekaliannya itu sudah
kuderita sehari-harian.”…
|
Perbedaan karakteristik kedua novel tersebut adalah ....
Kutipan Novel 1
|
Kutipan Novel 2
|
|
A
|
bercerita tentang
kesetiaan
|
bercerita
tentang obat
|
B
|
bercerita
tentang kasih sayang
|
bercerita
tentang penderitaan akibat penyakit
|
C
|
sudut
pandang orang ketiga serba tahu
|
sudut
pandang orang pertama pelaku utama
|
D
|
tokohnya
ada yang meninggal
|
tokohnya
masih hidup semua
|
Kunci : C
Pembahasan :
Perbedaan karakteristik kedua novel tersebut terlihat
pada sudut pandang yang digunakan oleh pengarang.
Jawaban A, B, D tidak menunjukkan perbedaan
karakteristik kedua novel tersebut.
22.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi unsur intrinsik drama
Indikator
Soal : Disajikan
kutipan drama, siswa dapat
menentukan suasana kutipan drama tersebut.
Soal :
1)
Bu Mastur : Cepatlah, Nak! Panggilkan dokter untuk
Bapakmu!
2)
Dedi : Bu,saya
nggak berani. Lagian sayakan baru main.
3)
Maya : Sudahlah,Bu.
Biar aku saja yang memanggil dokter.
4)
Bu Mastur : Jangan,Maya.
Kamukan lagi kurang sehat, tidak bisa cepat.
5)
Maya : Habis
kalau Mas Dedi tidak mau, siapa lagi? Biar Maya minta
tolong Joko saja. Maya berangkat
dulu, Bu.
Kalimat yang menggambarkan suasana kekhawatiran orang
tua terhadap anaknya
terdapat dalam dialog bernomor..
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Kunci : D
Pembahasan :
Kalimat 4
menggambarkan kekhawatiran orang tua terhadap anaknya
23.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi
unsur intrinsik drama
Indikator
Soal : menentukan latar (waktu,
tempat) drama tersebut
Soal :
Baca dan cermati kutipan
drama berikut!
Ibu : (Sambil
duduk menonton TV) Adi, kemari sebentar, Nak!
Adi : Ya, Bu. Ada
apa, Bu?
Ibu : Ibu dengar kabar Adi
luka. Benarkah itu?
Adi : Benar,
Bu! Sudah diobati, tidak berat.
Ibu : Coba ibu
lihat, sini!
Latar dalam
kutipan drama tersebut adalah ....
A. rumah sakit
B. sekolah
C. rumah
D. kamat tidur
Kunci : C
Pembahasan :
v Latar drama tersebut di rumah.
Ditunjukkan pada petunjuk lakuan (Sambil
duduk menonton TV).....
24.
Indikator
SKL : Menulis
catatan pengalaman pada buku harian
Indikator
Soal : Disajikan
ilustrasi pengalaman pribadi, siswa dapat
menentukan kalimat dalam
buku harian sesuai ilustrasi tersebut
Soal :
Cermatilah ilustrasi berikut!
Hari Senin, 23 Februari 2012, sewaktu Diffa bertugas
menaikkan bendera ada kejadian yang sulit dilupakan. Tali bendera yang ditarik
putus. Hatinya berdebar tak karuan.Untung bendera jatuh tepat di pundaknya.
Kalimat catatan harian yang tepat sesuai ilustrasi
tersebut adalah ...
A. Pagi itu angin bertiup kencang. Bendera merah putih yang dikibarkannya putus talinya. Perasaannya tak
karuan. Bendera itu meluncur jatuh tepat dipundaknya. Hatinya sangat lega.
B. “Alhamdulillah, lega hatiku,” gumamnya sambil mengelus dada. Mengapa
tidak? Sewaktu ia menjadi petugas pengibar bendera, sebuah insiden menimpanya.
Bendera yang ditarik putus tetapi untung. Bendera itu menyangkut di pundaknya. Ia benar-benar
lega.
C. Perasaan
gundah menyelimuti hatiku. Sewaktu aku bertugas sebagai pengibar bendera, tali
yang kutarik putus. Bendera itu meluncur deras ke arahku. Di saat aku kalut,
tanpa kusadari itu menyangkut di pundakku. Bak air dingin mengguyur tubuhku di
tengah terik mentari. Aku tersenyum lega.
D. “ Waktu itu aku bertugas menaikan bendera. Ada perasaan masgul di
hatiku. Tali bendera yang kutarik putus hingga benderanya meluncur ke bawah.
Hatiku berdebar tak karuan.Di tengah kemasgulanku, bendera itu jatuh tepat di
pundaku. Seolah dewa penolong menggamitku. Aku lega.”
Ceritanya bangga.
Kunci : C
Pembahasan :
v Catatan harian menggambarkan sebuah peristiwa berkesan pada diri
seseorang. Berdasarkan ilustrasi tersebut, catatan harian yang paling sesuai
terdapat pada jawaban C.
25.
Indikator
SKL : Menulis
isi pesan singkat sesuai konteks
Indikator
Soal : Disajikan
ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan
isi pesan singkat sesuai ilustrasi tersebut
Soal :
Perhatikan ilustrasi berikut!
|
Isi pesan singkat
yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A.
Pak
Yanto, bagaimana kalau yang membuka Persami Bapak dan yang Tea Walk di Bogor saya?
B.
Pak
Yanto,mohon untuk ikut Persami dengan anak-anak, saya ada acara Tea Walk di Bogor. Terima kasih.
C.
Anak-anak
sedang mengadakan Persami di Cibubur, tolong Bapak dampingi karena saya setelah
membuka Persami akan ke Bogor
D.
Pak
yanto, saya besok ada acara Tea Walk
di Bogor. Tolong Bapak mewakili saya untuk membuka Persami. Terima kasih.
Kunci : D
Pembahasan :
Pesan singkat paling sesuai dengan ilustrasi yang
diberikan terdapat pada pilihan (D).
26.
Indikator
SKL : Menulis laporan/pengumuman/resensi
Indikator
Soal : Disajikan
kalimat-kalimat laporan, siswa dapat
mengurutkannnya sehingga menjadi paragraf
padu.
Soal :
Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1) Peristiwa
ini dapat menaikkan permukaan air laut sehingga kota-kota yang terletak di dekat pantai terancam
tenggelam.
(2) Akibat
yang timbul dari pemanasan global akan dirasakan oleh manusia dalam jangka waktu tertentu.
(3) Pemanasan global menyebabkan es di daerah kutub mencair.
(4) Bila akumulasi gas rumah kaca meningkat dengan cepat,
perubahan di bumi juga akan lebih cepat.
(5) Selain itu, pemanasan global juga dapat mengubah iklim di
bumi.
Agar menjadi paragraf padu, urutan
kalimat yang tepat adalah ....
A.
(1) –
(3) – (2) – (5) – (4)
B.
(2) –
(4) – (3) – (1) – (5)
C.
(3) –
(5) – (1) – (4) – (2)
D.
(4) –
(2) – (5) – (1) – (3)
Kunci : C
Pembahasan :
Sebuah paragraf
deduktif diawali dengan kalimat yang bersifat umum. Dan diakhiri
dengan kalimat bersifat khusus.
Penanda utamanya
kalimat : Akibat yang timbul dari pemanasan global akan dirasakan
oleh manusia dalam jangka waktu
tertentu….. (ada di paragraf akhir)
27.
Indikator
SKL : Menulis
laporan/pengumuman/resensi
Indikator
Soal : Disajikan
ilustrasi kegiatan di sekolah, siswa dapat menulis
pengumuman yang tepat.
Soal :
Perhatikan ilustrasi kegiatan berikut!
Hari ini pengurus OSIS akan mengadakan rapat
setelah jam pelajaran selesai, menempati ruang koperasi OSIS.
Pengumuman yang sesuai dengan ilustrasi tersebut
adalah … .
A. Kepada seluruh OSIS dimohon hadir di ruang koperasi OSIS.
B. Bagi yang merasa pengurus OSIS harap menghadiri rapat hari ini.
C. Seluruh pengurus OSIS harap hadir hari ini di ruang Koperasi OSIS
setelah jam pelajaran.
D. Bagi pengurus OSIS mengharap kedatangannya untuk rapat di ruang koperasi
hari ini.
Kunci : C
Pembahasan :
Pengumuman yang baik harus memenuhi kelengkapan dan
kejelasan mengenai waktu, tempat.
Pengumuman yang demikian terdapat pada jawaban C
28.
Indikator
SKL : Menulis laporan/pengumuman/resensi
Indikator
Soal : Disajikan data buku dilengkapi
keunggulan dan kekurangan
buku, siswa dapat menulis
paragraf resensi yang tepat.
Soal :
Perhatikan data berikut!
Judul Buku:
Jurnalistik Teori dan Praktik
Nama Pengarang: Restuti
Penerbit :
Prapanca Setia
Keunggulan :
Dapat mengukur berhasil atau tidaknya suatu praktik
Kelemahan :
selain kertas tipis, jilidan tidak kuat
Resensi buku yang tepat berdasarkan data tersebut
adalah …
A. Buku Jurnalistik Teori dan Oraktik ini adalah perpaduan teori dan
praktik. Hal-hal teoritis yang dibahas dalam buku ini dapat mengukur berhasil
atau tidaknya suatu praktik. Sayangnya, buku ini selain tipis kertasnya,
jilidan tidak kuat.
B.
Buku Jurnalistik Teori dan Oraktik ini adalah
perpaduan teori dan praktik yang berguna
mengukur berhasil atau tidaknya suatu praktik, sehingga bukunya laris
terjual.
C.
Buku Jurnalistik Teori dan Oraktik ini adalah
perpaduan teori dan praktik. Hal-hal teoritis yang dibahas dalam buku ini dapat
mengukur berhasil atau tidaknya suatu praktik sehingga buku ini banyak dimintai
pembaca.
D. Buku Jurnalistik Teori dan Oraktik ini adalah perpaduan teori dan
praktik. Hal-hal teoritis yang dibahas dalam buku ini dapat mengukur berhasil
atau tidaknya seseorang dalam berusaha sehingga banyak diminati.
Kunci :
C
Pembahasan :
Paragraf resensi sesuai dengan data-data tersebut
yaitu pilihan C.
29.
Indikator
SKL : Menulis
surat pribadi/surat dinas/surat pembaca
Indikator Soal : Disajikan kutipan surat
pribadi yang bagian pembuka, isi, atau penutupnya dirumpangkan, siswa dapat
melengkapinya dengan tepat.
Soal :
Hai
Mbak, apa kabarmu? Semoga baik-baik aja ya. Keadaanku di Manado juga baik-baik saja.
Begini Mbak Tia. Rencana kedatanganku ke
Jogja, terpaksa ditunda lagi, berhubung kegiatan di sekolahku sangat padat dan
bapak ada tugas mengaudit keuangan sebelas perusahaan. Aku mulai mempersiapkan
diri ikut lomba menulis cerpen, jadi meskipun libur aku tetap ke sekolah.
[…]
Kalimat penutup surat
tersebut yang tepat adalah …
A. Sekian dulu surat ini, semoga Mbak Tia bahagia. Terima kasih.
B. Demikian yang dapat saya sampaikan dan terima kasih atas perhatiannya.
C. Harap maklum dan dapat memaafkan segala kekhilafan saya.
D. Sekian dulu suratku ini, semoga Mbak Tia tidak kecewa ya, maafkan
adikmu.
Kunci : D
Pembahasan :
Penutup surat pribadi
biasanya ditandai dengan ucapan maaf dan doa harapan.
Kalimat penutup surat
pribadi tersebut yang sesuai adalah Sekian
dulu suratku ini, semoga Mbak Tia tidak kecewa ya, maafkan adikmu.
30.
Indikator
SKL : Menulis
surat pribadi/surat dinas/surat pembaca
Indikator Soal : Disajikan kutipan surat dinas yang bagian penutupnya dirumpangkan,
siswa dapat melengkapinya
Soal :
ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)
SMP ANDALAN
Jalan Pangeran
Mangkubumi 34 Wonosari
No: 03/10/1/I/2012
3 Januari 2012
Perihal : Undangan
Yth. Kepala SMP N 3 Pancaran
Dengan hormat,
Sehubungan dengan akan
dilaksanakan kemah bakti siswa-siswa SMP Andalan di Bumi Perkemahan Babarsari
pada:
hari : Sabtu
dan Minggu
tangal : 30
Januari 2012
kami mengundang Bapak untuk berkenan hadir membuka
acara tersebut.
[...]
Pembina OSIS
Abdan Firdaus
Kalimat penutup surat resmi tersebut yang tepat adalah
....
A.
Atas perhatian dan
kehadirannya, saya ucapkan terima kasih.
B. Atas perhatian dan kehadiran Bapak, saya ucapkan terima
kasih.
C. Atas perhatian dan kehadiran Bapak, saya haturkan terima kasih
D. Atas perhatian dan kehadirannya, saya mengucapkan
banyak terima kasih.
Kunci : B
Pembahasan :
31.
Indikator
SKL : Menulis surat pribadi/surat
dinas/surat pembaca
Indikator
Soal : Disajikan ilustrasi,
siswa dapat menentukan surat pembaca
sesuai dengan ilustrasi tersebut.
Soal :
Perhatikan ilustrasi berikut!
Kami berkunjung ke SMP Citra untuk melakukan studi
banding. Lingkungannya nyaman dan asri. Sebelum acara dimulai, kami ke kamar
kecil. Sebenarnya kamar kecil cukup bersih, airnya pun banyak. Tetapi saying di
temboknya banyak coretan dengan kata-kata kotor.
Surat pembaca yang sesuai dengan ilustrasi tersebut
adalah …
A. Kamar kecil SMP Citra sangat bersih. Sayang airnya tidak tersedia dengan
cukup. Kami mohon air di kamar kecil dicukupi agar tulisan-tulisan di tembok
hilang.
B. Kami berkunjung ke SMP Citra. Kami terkejut melihat kamar kecilnya yang
tidak bersih dan banyak tulisan jorok. Mohon pihak sekolah untuk memperhatikan.
C. Kami berkunjung ke SMP Citra. Lingkungannya menyenangkan. Kamar kecilnya
juga cukup bersih hanya di temboknya masih banyak tulisan. Mohon perhatian
kepada pihak sekolah.
D. SMP Citra sangat jorok, tulisan-tulisan di tembok banyak sekali. Ini
perlu perhatian dari pihak sekolah agar sekolah yang besar itu tidak terlihat
kumuh dan kusam. Terutama kamar kecilnya.
Kunci : C
Pembahasan :
Dalam surat pembaca selain menyampaikan fakta juga
harus menyampaikan harapan untuk mengubah fakta tersebut dan kepada siapa
harapan tersebut disampaikan.
32.
Indikator
SKL : Menulis
rangkuman
Indikator
Soal : Disajikan
sebuah bacaan yang terdiri atas dua paragraf, siswa
dapat
menentukan rangkuman bacaan tersebut
Soal :
Perhatikan paragraf berikut dengan saksama!
Kepergian
sejumlah tokoh pada saat kita memasuki seabad kebangkitan nasional seakan
membawa pesan untuk kembali bangkit. Negeri ini
membutuhkan pelopor dan pejuang yang memiliki integritas moral, memegang
teguh prinsip, memiliki keberanian melawan ketidakadilan, tidak korupsi,
memiliki rasa cinta terhadap tanah air, dan mengutamakan perhatiannya terhadap
perbaikan nasib rakyat kecil.
Kepergian mereka seolah mengingatkan bahwa
dewasa ini sifat-sifat itulah yang hilang dari kalangan elit bangsa kita saat
ini. Karena itu, alih-alih kita bangkit dalam kehidupan dunia global
yang semakin kompetitif sekarang ini, malah sebaliknya limbung sehingga
mendekati ambruk. Meskipin demikian, kita tetap menaruh harap semoga para elit
bangsa kita menyadari hal ini dan kembali menyulut api kebangkitan nasional
sebelum padam.
Rangkuman isi paragraf
tersebut yang tepat adalah ….
A. Kepergian
para tokoh membawa pesan untuk bangkit
kembali bangsa kita.
B. Negeri
ini membutuhkan pelopor pejuang yang
memiliki integritas.
C. Para tokoh memiliki integritas
moral, teguh prinsip, berani, dan peduli rakyat kecil.
D. Negeri ini memerlukan tokoh yang memiliki moralitas tinggi untuk bangkit
kembali.
Kunci : A
Pembahasan :
v Rangkuman merupakan hasil menyatukan
(merangkai) pokok-pokok pembicaraan/ (uraian
dalam sebuah paragraph/karangan; meringkas
(uraian, dsb) dl bentuk pokok-pokok saja. Pokok
pembicaraan paragraph 1 dan 2 tentang kepergian tokoh.
v Rangkuman isi paragraf
tersebut yang tepat adalah Kepergian para tokoh membawa pesan untuk bangkit kembali bangsa
kita.
33.
Indikator
SKL : Menulis
teks berita sesuai konteks
Indikator
Soal : Disajikan
sebuah ilustrasi peristiwa tertentu, siswa dapat
menentukan teks berita yang tepat.
Soal :
Perhatikan ilustrasi berikut!
Beberapa waktu yang lalu, di
Desa Pampang, Kecamatan Paliyan telah terjadi bencana alam berupa angin puting beliung.
Angin puting beliung tersebut memporakporandakan rumah-rumah penduduk sehingga
masyarakat mengalami banyak kerugian
Paragraf teks berita sesuai dengan ilustrasi
tersebut adalah ...
A. Sejak sore mendung bergelayut. Awan hitam menyelimut Desa
Pampang. Sesekali kilat menyambar, memancarkan percikan api yang sangat terang
tak selang lama, angin bertiup sangat kencang. Pusaran berbentuk kerucut
melumat segala apa yang diterjangnya. Seluruh desa porak poranda.
B. Angin puting beliung merupakan jenis alam bencana yang
sangat mengerikan. Apa pun yang diterjangnya pasti hancur. Pusaran yang
berbentuk kerucut itu mampu melumat segala hal yang dilaluinya. Tak
heran, jika Desa Pampang porak poranda diterpanya.
C. Angin
puting beliung terjadi beberapa waktu yang lalu. Peristiwa tersebut menimpa
penduduk Desa Pampang, Kecamatan Paliyan. Beberapa rumah penduduk rusak akibat
terjangan angin puting beliung. Dalam peristiwa itu, tidak ada korban jiwa,
namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta.
D. Bencana
angin puting beliung kembali membawa korban. Desa Pampang Kecamatan Paliyan
luluh lantah diterjang angin puting beliung. Akibat peristiwa itu, penduduk
mengalami kerugian/
Kunci : C
Pembahasan :
Teks berita merupakan uraian dari sebuah peristiwa
secara lengkap dan jelas informasinya. Peristiwa dalam ilustrasi tersebut adalah
angin puting beliung, wilayah yang terkena, data korban.
Paragraf teks berita sesuai dengan
ilustrasi tersebut adalah Angin puting beliung terjadi beberapa
waktu yang lalu. Peristiwa tersebut menimpa penduduk Desa Pampang, Kecamatan
Paliyan. Beberapa rumah penduduk rusak akibat terjangan angin puting beliung.
Dalam peristiwa itu, tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai
ratusan juta.
34.
Indikator
SKL : Menulis slogan sesuai konteks
Indikator
Soal : Disajikan ilustrasi kegiatan sekolah,
siswa dapat menentukan
slogan yang sesuai ilustrasi tersebut.
Soal :
Pada akhir tahun ini sekolah akan mengikuti lomba
seni dan olahraga yang diadakan oleh pihak kecamatan. Untuk itu, pihak OSIS
akan membuat slogan untuk memberikan semangat kepada siswa yang menjadi wakil
dalam perlombaan tersebut.
Slogan yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut
adalah ...
A. Saatnya dirimu sebagai juara.
B. Kamu pasti ada yang menolong.
C. Menjadi juara merupakan sasaran utama.
D. Kamulah juaranya, yang lain tertinggal.
Kunci : A
Pembahasan :
Slogan merupakan perkataan atau kalimat pendek yang
menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan sesuatu.
Slogan yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut
adalah Saatnya dirimu sebagai juara.
35.
Indikator
SKL : Menulis
iklan sesuai konteks
Indikator
Soal : Disajikan
ilustrasi, siswa dapat menentukan penulisan iklan
baris yang sesuai ilustrasi tersebut.
Soal :
Sebuah Vila akan dijual dengan harga Rp400.000.000,00.
Luas tanah 400 meter persegi dan luas bangunan 250 meter persegi. Vila tersebut
terletak di Kawasan Puncak Patuk. Fasilitas Vila, antara lain listrik, pam, telepon, dan garasi. Vila
tersebut berada di kawasan bebas longsor. Bagi yang berminat dapat menghubungi
nomor telepon 0274 1243541.
Iklan baris yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut
adalah …
A. Djl. Vila di Kawasan puncak Patuk. LT/LB 400/250, bebas longsor, fas
lengkap.hrg 400jt.
B. Djl. Vila di Kawasan puncak Patuk LT/LB 400/250. bebas longsor, fas
lengkap. Hub 0274 1243541.
C. Djl. Vila di Kawasan puncak Patuk LT/LB 400/250, fas lengkap. Harga 400
jt nego. Hub 0274 1243541.
D. Djl. Vila di Kawasan Puncak Patuk. LT/LB 400/250, bebas longsor, fas
lengkap.hrg 400jt. Hub 0274 1243541.
Kunci : D
Pembahasan :
Kalimat iklan baris yang baik harus singkat jelas,
lengkap. Hal ini terdapat pada jawaban D.
Djl. Vila di Kawasan puncak Patuk. LT/LB 400/250,
bebas longsor, fas lengkap.hrg 400jt. Hub 0274 1243541
36.
Indikator
SKL : Menyusun
petunjuk melakukan sesuatu
Indikator
Soal : Disajikan
beberapa kalimat petunjuk melakukan sesuatu yang
disusun secara acak, siswa dapat menentukan susunan yang tepat.
Soal :
Petunjuk Membuat Nugget Combo
(1) Masukkan parutan wortwl dan daun bawang, aduk rata kembali
(2) Setelah dingin, potong bentuk persegi panjang, celupkan ke dalam telur
kocok dan lumuri dengan roti
(3) Campur dada ayam, udang, tahu, dan bumbu halus, aduk sampai rata.
(4) Kini nugget siap untuk digoreng.
(5) Tambahkan telur, susu, tepung sagu, garam, merica, dan gula. Aduk rata.\
(6) Siapkan Loyang yang sudah diolesi minyak goreng.Tuangkan adonan, lalu
kukus selama 20 menit, angkat dan dinginkan.
Urutan cara membuat Nugget Combo yang tepat adalah….
A. (1), (3), (5), (2), (4), (6)
B. (1), (6), (2), (4), (3), (5)
C. (3), (5), (1), (6), (2), (4)
D. (3), (1), (6), (5), (2), (4)
Kunci : C
Pembahasan :
Mengurutkan petunjuk melakukan sesuatu harus memperhatikan kata-kata
yang menunjukkan petunjuk itu dilakukan setelah petunjuk lain.
Urutan yang tepat adalah (3), (5), (1),
(6), (2), (4)
37.
Indikator
SKL : Menyusun petunjuk melakukan sesuatu
Indikator
Soal : Disajikan
petunjuk melakukan sesuatu yang kalimatnya
dirumpangkan, siswa dapat
melengkapinya dengan tepat.
Soal :
Perhatikan
kutipan berikut!
Resep Obat Gatal untuk Diminum
1.
Kupas, cuci, dan parut kunyit.
2.
Rebus semua bahan dalam 5 gelas air
hingga tersisa 3 gelas.
3.
Saring semua ramuan tersebut.
4.
[ …]
5.
Lakukan selama 3 minggu.
Isian yang tepat untuk melengkapi resep tersebut
adalah …
A. Basuhlah sisa air tersebut ke seluruh badan.
B. Minumlah ramuan 3 kali sehari sesudah makan.
C. Siramlah ke bagian tubuh yang terasa gatal.
D. Gunakan kain sebagai kompres di tempat yang gatal
Kunci : B
Pembahasan:
v Resep tersebut pemakaiannya dengan cara diminum. Dengan demikian jawaban
yang paling sesuai adalah Minumlah ramuan 3 kali sehari sesudah
makan.
38.
Indikator
SKL : Menulis teks pidato
Indikator
Soal : Disajikan
teks pidato yang penulisan kata sapaannya tidak
tepat, siswa dapat memperbaikinya.
Soal :
Perhatikan kutipan teks pidato berikut!
|
Perbaikan kata
sapaan yang tepat pada kutipan naskah pidato tersebut adalah …
A. Kepada para peserta lomba baca puisi diharap tenang.
Semua akan mendapatkan hadiah berupa piala dan uang.
B. Para peserta lomba baca puisi diharap tenang.
Semua pemenang
akan mendapatkan hadiah berupa piala dan uang.
C. Semua para peserta lomba baca puisi diharap tenang.
Pemenang-pemenang akan
mendapatkan hadiah berupa piala dan uang.
D. Para peserta lomba baca puisi diharap tenang.
Semua pemenang-pemenang akan
mendapatkan piala dan uang.
Kunci : B
Pembahasan :
Kata sapaan para peserta sudah menunjukkan jamak, maka
tidak perlu lagi diikuti kata semua. Kata semua pemenang-pemenang kurang tepat
penggunaannya, cukup dengan semua
pemenang
39.
Indikator
SKL : Menulis teks pidato
Indikator
Soal : Disajikan
sebuah ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat
menentukan paragraf bagian
pembuka, isi, atau penutup teks pidato yang tepat.
Soal :
Perhatikan ilustrasi berikut!
Rina mewakili teman-teman kelas IX mendapat giliran
menyampaikan pidato pada acara perpisahan purna studi di SMP Tri Abdi
Pembangunan.
Paragraf isi pidato yang sesuai dengan ilustrasi
tersebut adalah …
A. Bapak-Ibu Guru yang kami hormati dan adik-adik yang kami banggakan. Pada
kesempatan ini, kami ucapkan terima kasih kepada Bapak-Ibu Guru dan adik-adik
yang telah menyelenggarakan perpisahan yang tentunya telah banyak mengorbankan
waktu dan tenaga.
B. Tidak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah
menyelenggarakan perpisahan ini. Semoga kita dapat sukses dalam acara-acara
lain dalam penyelenggaraan kepanitiaan.
C. Pada kesempatan yang baik ini,
saya atas nama teman-teman kelas IX mengucapkan terima kasih kepada Bapak dan
Ibu Guru yang telah membimbing kami menyelesaikan jenjang pendidikan di sekolah
ini.
D. Perjalanan kami masih panjang. Oleh karena itu, kami mohon maaf apabila
dalam penyampaian pidato ini ada hal-hal yang kurang berkenan di hati Bapak dan
Ibu Guru. Semoga kami dapat sukses pula pada pendidikan berikutnya.
Kunci : C
Pembahasan :
Paragraf pilihan C merupakan isi pidato
40.
Indikator
SKL : Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya
ilmiah/daftar pustaka
Indikator
Soal : Disajikan tema karya ilmiah, siswa dapat menentukan
rumusan masalah karya ilmiah yang tepat berdasarkan tema
Soal :
Tema : Internet dan manfaatnya bagi manusia
Rumusan masalah berdasarkan tema tersebut adalah …
A. Apa manfaat internet bagi kehidupan manusia?
B. Apakah internet bermanfaat bagi kehidupan manusia?
C. Kapan internet dimanfaatkan bagi kehidupan
manusia?
D. Bagaimana internet dapat
bermanfaat bagi kehidupan manusia?
Kunci : D
Pembahasan :
Rumusan masalah merupakan sebuah pertanyaan terhadap
permasalahan utama yang diangkat dalam sebuah karya tulis. Pertanyaan yang harus dijawab/dijelaskan dalam
uraian/isi sebuah karya tulis berdasarkan tema yang diangkat. Pertanyaan yang
membutuhkan penjelasan yang berkaitan dengan nilai manfaat sesuatu hal
adalah mengapa dan bagaimana.
41.
Indikator
SKL : Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya
ilmiah/daftar pustaka
Indikator
Soal : Disajikan
simpulan karya ilmiah, siswa dapat menentukan
saran berdasarkan simpulan karya ilmiah.
Soal :
Perhatikan simpulan karya ilmiah berikut!
Aktivitas fisik telah diketahui dapat meningkatkan
pembakaran lemak dalam tubuh. Namun ternyata tidak semua jenis lemak makanan
sama-sama mudah dibakar. Yang paling mudah dibakar adalah lemak yang terdapat
dalam makanan gorengan yang dimasak menggunakan minyak jagung, minyak kanola,
minyak kacang, dan minyak zaitun. Sementara lemak hewan, seperti yang terdapat
dalam mentega, keju, daging berlemak, atau makanan yang mengandung bahan-bahan
tersebut, paling sulit dibakar.
Saran berdasarkan simpulan karya ilmiah tersebut
adalah ...
A. Lemak hewan yang terdapat dalam mentega, keju, daging berlemak, susu
berlemak, atau makanan yang mengandung bahan-bahan tersebut paling sulit
dibakar.
B. Sebaiknya kita menghindari makan makanan yang mengandung lemak hewan
karena lemak itu tidak mudah dibakar meskipun dengan aktivitas fisik.
C. Aktivitas fisik dapat meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh. Selain
itu, dapat mengurangi lemak yang terdapat dalam gorengan yang menggunakan
minyak.
D. Seandainya aktivitas fisik dapat meningkatkan pembakaran lemak, maka
boleh makan lemak hewan seperti yang terdapat dalam mentega, keju daging, dan
susu.
Kunci : B
Pembahasan :
Saran biasanya berisi anjuran/harapan
yang baik terhadap suatu hal/peristiwa. Kata penandanya biasanya berupa sebaiknya,
seharusnya.
Saran berdasarkan simpulan karya ilmiah tersebut yang
sesuai adalah Sebaiknya kita menghindari makan makanan yang mengandung lemak
hewan karena lemak itu tidak mudah dibakar meskipun dengan aktivitas fisik
42.
Indikator
SKL : Menyunting
kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata
Indikator
Soal : Disajikan
kalimat tidak efektif, siswa dapat menentukan
perbaikan yang tepat.
Soal :
Banyak anak-anak Indonesia yang
mengalami keterlantaran dan penelantaran karena faktor ekonomi keluarga mereka.
Perbaikan kalimat tersebut yang
tepat adalah…
A. Banyak
anak-anak Indonesia yang mengalami keterlantaran dan
penelantaran
karena faktor ekonomi keluarga mereka.
B. Banyak
antara -anak Indonesia yang terlantar karena
faktor ekonomi
keluarga.
C. Banyak
anak Indonesia yang mengalami keterlantaran dan penelantaran
karena
faktor ekonomi keluarga.
D. Banyak
anak Indonesia yang terlantar karena faktor ekonomi.
Kunci : D
Pembahasan :
Kesalahan kalimat tersebut: Kata banyak tidak
bisa dipakai bersamaan dengan kata ulang yang bermakna jamak. Pilihlah
salah satu penggunaannya. Kata penelantaran dan keterlantaran tidak
tepat.
43.
Indikator
SKL : Menyunting
kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata
Indikator
Soal : Disajikan
beberapa penggunaan huruf kapital salah dalam
paragraf,
siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat.
Soal :
Cermati paragraf berikut!
Sejak awal bulan Januari penderita Demam Berdarah di DKI Jakarta
mencapai 1.752 orang.
Mereka rata-rata penduduk usia produktif. Pemerintah DKI Jakarta segera
menerjunkan petugas medis untuk secepatnya membantu para pasien. Bantuan obat-obatan dikirim ke rumah-rumah
sakit yang menampung para pasien. Pada musim hujan memang wabah ini sering
melanda warga yang tinggal di kawasan padat penduduk dengan lingkungan yang
kumuh.
Perbaikan kesalahan penggunaan huruf kapital pada
kalimat pertama adalah….
A. Sejak awal Bulan Januari penderita Demam Berdarah di DKI Jakarta
mencapai 1.752 orang.
B. Sejak awal bulan Januari penderita demam berdarah di DKI Jakarta
mencapai 1.752 orang.
C. Sejak awal bulan januari penderita Demam Berdarah di DKI Jakarta
mencapai 1.752 orang.
D. Sejak awal bulan Januari penderita Demam Berdarah di dki Jakarta
mencapai 1.752 orang.
Kunci : B
Pembahasan :
v Huruf kapital digunakan untuk penulisan nama hari, bulan, tahun.
v Misalnya: hari Minggu, bulan Juni, tahun Masehi.
v Huruf capital TIDAK digunakan untuk penulisan nama penyakit.
v Perbaikan penggunaan huruf capital dalam kalimat soal tersebut seperti
pada jawaban B.
44.
Indikator
SKL : Menyunting
kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata
Indikator Soal : Disajikan beberapa
penggunaan tanda baca salah dalam
paragraf,
siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat.
Soal :
Cermati kalimat berikut!
Beberapa hal yang kita butuhkan adalah:
niat, keberanian dan kreativitas.
Perbaikan penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat
tersebut adalah …
A. Beberapa
hal yang kita butuhkan adalah:niat,keberanian,
dan kreativitas.
B. Beberapa
hal yang kita butuhkan adalah niat, keberanian dan kreativitas.
C. Beberapa
hal yang kita butuhkan adalah niat,keberanian,
dan kreativitas.
D. Beberapa
hal yang kita butuhkan adalah:niat, keberanian dan kreativitas.
Kunci : C
Pembahasan :
Tanda baca titikdua (:) diantaranya sebagai
pengganti kata definisi dan kata rincian.
v Dia
membawa beberapa barang: cangkul, sabit, dan pupuk.
Tanda baca koma
(,) digunakan untuk penulisan kalimat yang mengandung rincian.
v Misalnya:
Dia membawa buku, penggaris, dan spidol.
Perbaikan
pemakaian tanda baca pada kalimat soal tersebut:
v Beberapa
hal yang kita butuhkan adalah niat, keberanian, dan kreativitas.
45.
Indikator
SKL : Melengkapi pantun
Indikator
Soal : Disajikan pantun yang larik
sampiran/isinya dirumpangkan,
siswa dapat
melengkapinya dengan tepat.
Soal :
Perhatikan pantun berikut !
Anak angsa mati
lemas
Mati lemas di air
masin
[...]
Hilang budi karena miskin
Baris yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut
adalah ....
A.
Basah rambut karena kramas
B.
Hilang bangsa karena bahasa
C.
Hilang bahasa karena emas
D.
Basah air di daun talas
Kunci : C
Pembahasan :
Melengkapi baris pada sebuah pantun harus
memperhatikan rima/persajakan pantun tersebut.
Larik yang cocok untuk melengkapi pantun tersebut
adalah Hilang bahasa karena emas.
46.
Indikator
SKL : Melengkapi
puisi
Indikator
Soal : Disajikan
puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat
melengkapi puisi tersebut
dengan pilihan kata yang tepat.
Soal :
Perhatikan kutipan puisi
berikut !
Kata yang tepat untuk
melengkapi puisi tersebut adalah ....
A.
silau, dalam
B.
cerah, selalu
C.
pancarkan, hati
D.
terbit, damai
Kunci : C
Pembahasan :
Diksi (pilihan kata) membulatkan makna puisi. Sesuai
data pada kutipan puisi, pilihan jawaban yang tepat C.
47.
Indikator
SKL : Melengkapi
puisi
Indikator
Soal : Disajikan
puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat
melengkapi
puisi dengan larik bermajas.
Soal :
Cermatilah bait puisi berikut!
Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi bait puisi
tersebut adalah …
A. planet bintang
B. bintang terang
C. bintang di langit
D. kau tak tidur
Kunci : D
Pembahasan :
Larik bermajas yang sesuai dengan puisi tersebut
adalah kau tak tidur.
Kata kau
dimaksud adalah bintang.
48.
Indikator
SKL : Melengkapi
naskah drama
Indikator
Soal : Disajikan
kutipan drama yang petunjuk lakuannya tidak tepat,
siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat
Soal :
Bacalah kutipan naskah drama berikut dengan saksama!
Anton : Dik, nanti
sore jadi, bukan?
Didik : Jadi apa? (
tersenyum sambil garuk-garuk kepala)
Anton
: Menonton pertandingan bola basket.
Didik : O, ya!
Aku hampir lupa. Untung kauingatkan. Antara sekolah kita
dengan SMP "Permata Hati," kan!
Anton : Betul. Kalau tidak menontonnya, rugi kita.
Ha ... ha ... ha ...
Didik : Ya, karena primadona kita akan turun nanti.
OK, sampai nanti sore
ya...
Perbaikan kesalahan petunjuk lakuan pada naskah
drama tersebut tersebut adalah ...
A. (melongo
agak bingung).
B. (melotot
ke arah Anton)
C. (melihat-lihat
SMS di HP )
D. (memukul-mukul
kepalanya)
Kunci : A
Pembahasan :
Situasi/suasana dialog pada petunjuk lakuan tersebut
adalah bingung dan kaget. Oleh karena itu, petunjuk lakuan yang sesuai seperti
pada jawaban A. (melongo agak bingung)
49.
Indikator
SKL : Melengkapi
naskah drama
Indikator Soal : Disajikan kutipan drama yang
petunjuk lakuannya
dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan
tepat.
Soal :
Bacalah kutipan naskah drama berikut dengan saksama!
Kopral Jono : “
Kau tidak mau, Anita?” (memukul meja)
Anita : “ Tidak!
Rencanamu itu sangat
keterlaluan, Jon.
Kemarin Engkau mengatakan bahwa akan menyusup sendiri ke
kota. Katamu pekerjaan itu tidak cocok bagi wanita?”
Kopral Jono : (melihat
ke arah jendela) “Ya, tapi kita harus patuh kepada
perintah. Ini bukan aku yang meminta, Anita (seperti
berbisik) aku … aku … juga tidak menyetujui sebenarnya!”
Anita : (menarik nafas)“Yah, kalau
engkau sendiri tidak setuju lalu
mengapa memaksaku juga?”
Kopral Jono : (lesu)
“Perintah, Anita … perintah komandan!”
Anita : (mengejek)
“Atau kau tidak mempunyai keberanian?”
Kopral Jono : (...)
“Maksudmu?”
Anita : (berjalan
ke jendela) “Ya, tidak berani menghadapi komandan
yang hanya memikirkan diri sendiri itu”
Petunjuk lakuan yang tepat untuk melengkapi kutipan
naskah drama tersebut adalah ….
A. (tertawa)
B. (membentak Anita lalu meninggalkannya)
C. (memanggil Anita)
D. (melotot ke arah Anita)
Kunci : D
Pembahasan :
Suasana pada dialog tersebut adalah marah/jengkel.
Petunjuk lakuan yang sesuai adalah melotot.
50.
Indikator
SKL : Melengkapi
naskah drama
Indikator
Soal : Disajikan
kutipan drama yang dialognya dirumpangkan, siswa
dapat
melengkapinya dengan tepat.
Soal :
Bacalah kutipan naskah drama berikut dengan saksama!
Regina : Hallo..
Rizal : Ya,
hallo. Bisa bicara dengan Regina?
Regina : Ya,
saya sendiri.
Rizal : Hei,
Regina. Ini aku Rizal. Nanti sore aku mau ke
rumahmu. Boleh
nggak?
Regina : [...]
Rizal : Boleh
nggak aku temani?
Regina : Sebenarnya,
sih aku tak keberatan. Tapi, aku diantar
ayahku. Lain kali
aja,ya!
Kalimat yang tepat untuk melanjutkan dialog tersebut adalah ...
A. Sory, ya. Sore ini aku mau ke toko buku.
B. Oh, ya silakan aja, asal bawa makanan.
C. Boleh, asal kamu membawa teman
D. Tidak boleh. Ayah tidak
mengizinkan ada tamu khusus hari ini.
Kunci : A
Pembahasan :
Untuk melengkapi kalimat dialog yang sesuai, harus
melihat konteks dialog tersebut. Dilihat
dari konteks pembicaraannya, dialog yang sesuai untuk melengkapi adalah Sory, ya. Sore ini
aku mau ke toko buku.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar