PREDIKSI SOAL DAN PEMBAHASAN UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMP/MTs
TAHUN 2013 DAN PEMBAHASAN
1. *Indikator SKL
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan.
* Indikator Soal
Peserta didik dapat menghitung hasil operasi campuranbilangan bulat.
* Soal
Hasil dari
24–8 : (–2) 5adalah ....
A. - 44 C. 40
B. - 40 D.
44
* Kunci Jawaban: D
* Pembahasan
24–8 : (–2) 5 = 24 – {8: (–2)} 5
=
24 – {( –4 ) 5}
=
24 – (–20)
=
24+20
=
44
2. *Indikator SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang,
kali, atau bagi pada bilangan.
* Indikator Soal
Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita yang
menggunakan operasi hitung bilangan pecahan.
* Soal
Pak Amin memiliki sebidang tanah, ,bagianditanami jagung, bagian ditanami
kedelai, dan sisanya dibuat kolam. Jika luas tanah Pak Amin750 m2,
luas tanah yang dibuat kolam adalah....
A. 200 m2 C.
300 m2
B. 250 m2 D.
550 m2
* Kunci Jawaban: A
* Pembahasan :
Luas tanah ditanami jagung = m2 = 250 m2
Luas tanah ditanami kedelai = m2 = 300 m2
Jadi luas tanah yang dibuat kolam =
750 – (250+300) = 750 – 550 = 200 m2
3. *Indikator SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perbandingan.
* Indikator soal
Peserta didik dapat menyelesaikan soal cerita yang
berkaitan dengan perbandingan/ skala
* Soal
Denah
sawah Pak Dullah dalam sertifikat tanah berukuran 12 cm 8 cm. Jika denah tersebut menggunakan skala 1: 500, keliling sawah Pak
Dullah sebenarnya adalah ….
A. 100 m C.
400 m
B. 200 m D.
480 m
* Kunci
jawaban: B
* Pembahasan :
Panjang
sebenarnya = 12 cm 500 = 6000 cm = 60 m
Lebar
sebenarnya = 8 cm 500
= 4000 cm = 40 m
Keliling
= 2 (p+l) = 2( 60 +40) = 200 m
4. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan
bilangan berpangkat atau bentuk akar
* Indikator Soal
Peserta
didik dapat menentukan hasil perkalian atau
pembagian bilangan berpangkat
* Soal
Hasil dari adalah ….
A. 1 C.
4
B. 2 D.
8
* Kunci jawaban : B
* Pembahasan :
= :
= :
=
= 21
= 2
5. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan
bilangan berpangkat atau bentukakar
*Indikator Soal
Peserta didik dapatmenyederhanakan bilangan dengan
penyebut bentuk akar
* Soal
Bentuk sederhana dari adalah ....
A. 20 C.
5
B. 10 D. 2
* Kunci
jawaban: C
* Pembahasan :
=
= 5
6. * Indikator SKL
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan perbankan atau koperasi
* Indikator Soal
Peserta
didik dapat menentukan besar angsuran setiap bulan pada
koperasi.
* Soal
Agus meminjam uang di koperasi sebesar
Rp2.000.000,00 dengan persentase bunga pinjaman 9% pertahun. Pinjaman
tersebut dikembalikan selama 8 bulandengan diangsur.
Besar angsuran perbulan adalah ….
A. Rp265.000,00 C. Rp144.000,00
B. Rp180.000,00 D. Rp120.000,00
* Kunci jawaban: A
* Pembahasan :
Besar bunga yang
harus dibayarkan selama 1 tahun =
9%Rp2.000.000,00= Rp120.000,00
Besar angsuran tiap
bulan adalah =
(Rp2.000.000+Rp120.000,00): 8
=
Rp2.120.000 : 8
=
Rp265.000,00
7. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan barisan bilangan dan deret.
* Indikator Soal
Peserta didik dapat menentukan Un, jika unsur yang
diperlukan diketahui dari barisan
bilangan aritmatika
* Soal
Suatu barisan aritmatika diketahui U3= 13
dan U7= 33. Suku ke limapuluh satu adalah …
A. 243 C. 253
B. 248 D. 258
* Kunci jawaban: C
* Pembahasan
Un= a+(n–1)b
U3 = 13 ……… a + 2b = 13 ……..(1)
U7 = 33 ……… a
+ 6b = 33 – ……..(2)
– 4b = –20 maka nilai b = –20: (–4) = 5
Dari persamaan
(1) maka a + 2(5) = 13 maka a = 13 – 10 = 3
U51 =
3 + (51–1) 5
=
3 + 50 5
=
3 + 250
=
253
8.* Indikator SKL
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret.
* Indikator Soal
Peserta
didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan
bilangan geometri.
* Soal
Sebuah bola dijatuhkan dari ketinggian 40 meter. Jika
tinggi pantulan bola adalah setengah dari tinggi bola sebelumnya, tinggi bola pada pantulan keempat adalah ….
A. 10 meter C.
2,50 meter
B. 5 meter D.
1,25 meter
* Kunci
Jawaban: C
*Pembahasan :
Tinggi
bola pada pantulan–1 adalah 20 meter
Tinggi
bola pada pantulan–2 adalah 10 meter
Tinggi
bola pada pantulan–3 adalah 5 meter
Tinggi
bola pada pantulan–4 adalah 2,5 meter
9.
* Indikator SKL
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret.
*
Indikator soal
Peserta
didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan deret aritmatika.
* Soal
Sisi
– sisi suatu segitiga sembarang membentuk barisan aritmatika. Jika sisi
terpendek 6 cm dan sisi terpanjang 14 cm, maka keliling segitiga tersebut
adalah ….
A.
28 cm C. 32 cm
B.
30 cm D. 34 cm
* Kunci jawaban: B
* Pembahasan:
Sisi
–sisi segitiga sembarang tersebut membentuk barisan aritmatika sehingga panjang
sisi–sinya adalah a ; (a+b); (a+2b).
Diketahui
a = 6 cm dan a+2b = 14 cm.
a=6
disubtitusikan ke persamaan a+ 2b = 14
6
+ 2b = 14
Û2b = 14–6
Û2b= 8Û b = Û b= 4
Panjang
sisi segitiga tersebut adalah 6 cm, (6+4)cm , 14 cm
Keliling segitiga tersebut adalah 6 cm+10cm+14cm= 30
cm
10. * Indikator SKL
Menentukan pemfaktoran
bentuk aljabar.
* Indikator soal
Peserta didik dapat menentukan faktor bentuk ax2 + bx + c
* Soal
Pemfaktoran
dari 6x2–5x–6 adalah ….
A.
(2x+3)(3x–2) C. (2x–3)(3x+2)
B.
(2x–3)(3x–2) D. (2x+3)(3x+2)
*Kunci Jawaban: C
*Pembahasan:
ax2
+bx+ c =
dengan
p+q = b dan p.q= a.c
6x2–5x–6
=
dengan
p+q
= –5
p.q
= –36
maka
p= –9 dan q = 4
sehingga
6x2–5x–6=
=
=
= (2x–3)(3x+2)
11. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan persamaan linier atau
pertidaksamaan linier satu
variabel.
* Indikator
soal
Peserta didik dapat menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan dengan
persamaan linear satu variabel.
* Soal
Harga
1 kg jeruk Rp4.000,00 lebih mahal dari dua kali harga 1 kg salak. Harga 1 kg jeruk
Rp18.000,00. Harga 1 kg salak adalah ….
A.
Rp14.000,00 C.
Rp7.000,00
B. Rp 8.000,00 D.
Rp5.000,00
* Kunci jawaban: C
*Pembahasan:
Misalkan
harga 1 kg salak = s
Rp18.000,00
= 2×s + Rp4.000
2×s = Rp18.000,00 – Rp4.000,00
2×s = Rp14.000,00
s = ½ × Rp14.000,00
s = Rp7.000,00
Jadi
harga 1 kg salak = Rp7.000,00
12. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan himpunan
* Idikator soal
Peserta
didik dapat menentukan pengurangan atau komplemen dua himpunan
* Soal
Diketahui
A
= Himpunan huruf penyusun kata “matematika”
B
= Himpunan huruf vokal dalam abjad
A–B
adalah ….
A. {m, t, k, u,o} C.
{a, e, i}
B. {m, t, k} D.
{u,o}
* Kunci jawaban: B
*Pembahasan :
A=
{m,a,t,e,i,k}
B=
{ a,i,u,e,o}
A–B
= {x| xÎA, xÏB}
= { m, t, k}
13. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan himpunan
* Indikator soal
Peserta didik dapat menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan.
* Soal
Dalam
operasi tertib berlalulintas terhadap 200 pengendara sepeda motor ternyata ada
25 orang tidak membawa SIM, 40 orang tidak memakai helm dan 12 orang tidak
membawa SIM maupun memakai helm. Banyak pengendara sepeda motor yang membawa
SIM dan memakai helm adalah ….
A. 188 orang C.
147 orang
B. 157 orang D.
123 orang
* Kunci
jawaban: C
* Pembahasan :
Misalkan
A = Himpunan pengendara sepeda motor tidak membawa SIM
Þn(A) = 25
B = Himpunan pengendara sepeda motor tidak memakai
helm Þn(B) = 40
n(AÇB) = 12
x = banyak pengendara sepeda motor yang membawa SIM
dan memakai helm.
Perhatikan diagaram berikut:
n(AÈB) = 13+ 12 +28 = 53
x = 200 –53
x = 147
Jadi banyak pengendara sepeda motor dan memakai helm
adalah 147 orang.
14. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan fungsi.
*
Indikator soal
Peserta
didik dapat menentukan f (a), jika rumus fungsi diketahui.
* Soal
Diketahui
suatu fungsi f(x) = 2x – 3. Nilai f(–1) adalah …
A.
5 C. –1
B.
1 D. –5
* Kunci jawaban: D
* Pembahasan :
f(x)=
2x – 3
f(–1)
= 2(–1) –3
f(–1)
= –2 – 3
f(–1)=
–5
15. * Indikator SKL
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan fungsi
*
Indikator soal
Peserta didik dapat menentukan nilai fungsi f(c) ,
jika f (a), f (b) dan rumus fungsi diketahui
* Soal
Diketahui
rumus suatu fungsi f(x)=ax +b, f(3)=5 dan f(–1) = –3. Nilai f(1) adalah ….
A.
1 C. 3
B.
2 D. 4
* Kunci jawaban: A
* Pembahasan :
Diketahui
f(x)
= ax + b
f(3)=5
Þ 3a + b = 5 *)
f(–1)
= –3 Þ–1a+b= –3
––––––––––– –
4a = 8 maka a= 2
*)
3a +b = 5
3(2) +b = 5
6
+b = 5 Þ b= 5–6 = –1
Rumus
fungsi f(x)= 2x –1
Jadi
f(1) = 2(1) –1
= 2
– 1
= 1
16. *
Indikator SKL
Menentukan gradien,
persamaan garis dan grafiknya
*
Indikator soal
Peserta
didik dapat menentukan persamaan
garis melalui dua titik
*Soal
Persamaan
garis melalui titik A(–3,4) dan B(2, – 5) adalah ….
A. 5x – 9y –7=0 C.
9x – 5y +7= 0
B. 5x + 9y –7=0 D.
9x + 5y +7= 0
* Kunci jawaban: D
* Pembahasan :
=
(–3,4) maka x1= –3 dan y1=
4, (2,–5) maka x2 = 2 dan y2=
–5
= Û = Û5(y–4)
= –9 (x+3)
5y – 20 = –9x – 27Û9x+5y
+27 –20=0Û9x + 5y +7=0
17. * Indikator SKL
Menentukan gradien,
persamaan garis dan grafiknya
* Indikator soal
Peserta didik
dapat menentukan grafik dari persamaan garis atau
sebaliknya
* Soal
Grafik garis yang
mempunyai persamaan y – 2x = 6 adalah ….
A.
C.
C.
D.
* Kunci jawaban : A
* Pembahasan :
Grafik garis y – 2x = 6 memotong
sumbu x syarat y=0
0 – 2x =6
x =
x = –3
Jadi titik potong dengan sumbu x
dititik (–3,0)
Grafik garis y – 2x = 6 memotong
sumbu y syarat x=0
y – 2(0) =6
y =6
Jadi titik potong dengan sumbu y
dititik (0,6)
Grafik yang sesuai adalah
pilihan A
18. *
Indikator SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem
persamaan linier dua variabel.
*
Indikator soal
Peserta didik dapat menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan dengan SPLDV
* Soal
Ditempat parkir
terdapat 75 kendaraan yang terdiri dari mobil dan sepeda motor.Banyak roda
seluruhnya ada 210. Jika tarif parkir untuk mobil Rp4.000,00 dan sepeda motor
Rp2.000,00, maka pendapatan uang parkir saat itu adalah ….
A. Rp210.000,00 C. Rp260.000,00
B. Rp240.000,00 D. Rp300.000,00
* Kunci
jawaban: A
* Pembahasan :
Misalkan
Banyak mobil = x
Banyak sepeda motor =y
x + y = 75 |×4| 4x + 4y = 300
4x + 2y = 210 |×1| 4x + 2y = 210
–––––––––––– –
2y = 90 maka y = 45
y= 45 disubtitusikan ke
persamaan x + y = 75
x + 45 = 75
x = 30
Jadi pendapatan uang parkir
adalah
4.000x + 2.000y = 4.000(30) + 2.000(45) = Rp210.000,00
19. *Indikator
SKL
Menyelesaikan soal menggunakan teorema Pythagoras
*
Indikator soal
Peserta didik
dapat menyelesaikan soal dengan
menggunakan konsep teorema
Pythagoras
* Soal
Perhatikan gambar di samping!
Diketahui AB = EA = 13 cm dan AD =
5 cm
Panjang EC adalah ….
A. 8 cm
B. 10 cm
C. 12 cm
D. 13 cm
* Kunci jawaban: B
* Pembahasan :
BD2 = AB2 – AD2
= 132 – 52
= 169 – 25
= 144
BD =
= 12 cm
CD = ½ (12)
= 6 cm
ED = AE – AD
= 13 – 5
= 8 cm
EC2 = ED2 + CD2
= 82 + 62
= 64 + 36
= 100
EC =
= 10
Jadi
panjang EC = 10 cm
20. *Indikator SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun
datar.
*
Indikator soal
Peserta didik dapat menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan dengan gabungan luas bangun datar
* Soal
Perhatikan denah kebun Pak Karto
di samping!
Luas kebun Pak Karto adalah ….
A. 186 m2
B. 216 m2
C. 246 m2
D. 306 m2
* Kunci jawaban: C
* Pembahasan :
Lihat gambar di samping!
GD2 = 132 – 122
= 169 – 144
= 25
GD = 5 m
AD=AG+GD= 13+5
= 18 m
Luas kebun Pak
Karto
= Luas
persegipanjang ABCD + Luas DGDF
= (AD× CD) + ½
(FD×DG)
= (18×12) + ½
(12×5)
= 216 + 30
=246 m2
Jadi luas kebun Pak Karto 246 m2
21. *Indikator SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling
bangun datar.
*
Indikator soal
Peserta didik dapat menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan dengan keliling bangun datar
* Soal
Sebuah taman berbentuk persegi panjang
yang panjangnya 30 m dan lebar 18 m. Disekeliling taman ditanami pohon cemara
dengan jarak antar pohon 6m. Jika harga pohon Rp50.000 per buah, maka biaya
yang diperlukan untuk membeli pohon seluruhnya adalah ….
A. Rp600.000,00 C.
Rp1.000.000,00
B. Rp800.000,00 D.
Rp1.200.000,00
* Kunci jawaban:B
* Pembahasan :
Keliling
persegi panjang = 2 (ukuran panjang + ukuran lebar)
= 2(30+18)
= 96
meter
Banyak
pohon cemara = = 16 pohon
Biaya
pembelian pohon cemara = 16×Rp50.000 = Rp800.000,00
22. *Indikator SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan dua
garis, besar dan jenis sudut, serta sifat sudut yang terbentuk dari dua garis
yang di potong garis lain.
*
Indikator soal
Peserta didik dapat
menyelesaikan soal berkaitan dengan
sudut berpelurus /berpenyiku menggunakan persamaan
* Soal
Perhatikan gambar di samping!
Besar ÐDOE adalah ….
A. 14o
B. 42o
C. 50o
D. 60o
* Kunci jawaban: B
* Pembahasan :
ÐAOB +ÐBOC=
90o
2xo + (4x+6)o
= 90o
2x + 4x + 6 =90
6x = 90 – 6
6x = 84
x =
x = 14
Besar ÐDOE= 3xo
= 3 (14)o
= 42o
23. *Indikator
SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan dua
garis, besar dan jenis sudut, serta sifat sudut yang terbentuk dari dua garis
yang di potong garis lain.
*
Indikator soal
Peserta didik dapat menghitung
besar sudut yang terbentuk pada dua garis berpotongan atau dua garis
berpotongan garis lain serta sebuah sudutnya diketahui
* Soal
Perhatikan
gambar di samping!
Diketahui FG= FB, besar ÐCEF
adalah ….
A. 36o
B. 42o
C. 54o
D. 72o
* Kunci jawaban: C
* Pembahasan :
ÐGBF =ÐFGB sebab DFGB sama kaki
ÐGBF
= (180o–72o):2 = 54o
ÐCEF
= ÐGFB (pasangan sudut dalam
berseberangan)
ÐCEF
= 54o
24. *Indikator
SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
garis-garis istimewa pada segitiga.
*
Indikator soal
Peserta didik dapat menentukan
garis berat, garis tinggi, garis bagi dan garis sumbu pada segitiga
* Soal
Perhatikan gambar di samping!
Garis berat DABC
adalah ….
A. KL
B. BN
C. AM
D. CK
* Kunci jawaban :D
* Pembahasan :
Garis berat segitiga adalah garis
yang di tarik dari titik sudut suatu segitiga dan membagi sisi di hadapannya menjadi dua bagian
sama panjang.
KL : sumbu garis AB
BN : garis bagi
AM : garis tinggi
CK : garis berat
25. *Indikator SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
unsur-unsur/bagian-bagianlingkaran atau hubungan dua lingkaran.
*
Indikator soal
Peserta didik dapat menghitung
panjang garis singgung persekutuan dalam atau luar, jika unsur-unsur yang diperlukan diketahui
* Soal
Perhatikan
gambar di samping !
Jika
PA = 8 cm, QB= 2 cm, P dan Q adalah pusat lingkaran. Panjang AB adalah ….
A. 7 cm C.
9 cm
B. 8 cm D.
10 cm
* Kunci jawaban: B
* Pembahasan :
Lihat gambar
PA= 8 cm
QB= 2 cm
Maka PQ = 8 + 2=10 cm
Panjang garis singgung persekutuan luar = AB
AB2 = PQ2 – (PA – QB)2
AB2 = 102 – (8 – 2)2
AB2 = 100 – 36
AB2 = 64
AB = 8 cm
26. *Indikator
SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran.
*
Indikator soal
Peserta didik dapat menghitung
jarak 2 titik pusat atau jari-jari dari salah satu lingkaran, jika unsur-unsur
yang diperlukan diketahui
* Soal
Perhatikan gambar di samping!
Diketahui AP= 5 cm, AB= 17 cm dan
PQ = 15 cm. Pajang jari–jari BQ adalah ….
A. 2,0 cm
B. 2,5 cm
C. 3,0 cm
D. 3,5 cm
* Kunci jawaban: C
* Pembahasan :
AP= jari–jari lingkaran A= 5 cm
AB= jarak kedua pusat=17 cm
PQ = panjang garis singgung persekutuan dalam = 15 cm
QB = jari–jari lingkaran B = r cm
PQ2 = AB2 – (AP + QB)2
152 = 172 – (5 + r)2
225 =289 – (5+r)2
(5+r)2 = 289 – 225
(5+r)2 = 64
5+r =
5+r = 8
r = 8–5
r= 3 cm
27. *Indikator
SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
kesebangunan atau kongruensi.
*Indikator
soal
Peserta didik dapat menghitung
panjang sisi pada dua bangun yang sebangun
* Soal
Perhatikan gambar di samping!
Trapesium ABCD sebangun dengan
trapesium CDEF. Panjang AB adalah….
A. 10 cm
B. 12 cm
C. 14 cm
D. 16 cm
* Kunci jawaban: D
* Pembahasan :
Misalkan panjang AB = x cm
4x = 64
x=
x = 16
Jadi panjang AB = 16 cm
28. *Indikator
SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan
atau kongruensi.
*
Indikator soal
Peserta
didik dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan kesebangunan dengan kesebangunan
* Soal
Seorang pramuka akan mengukur lebar sungai dengan cara menancapkan tongkat di
titik A, B, C dan D seperti pada gambar. Tongkat di titik A tepat segaris dengan
pohon E diseberang sungai. Diketahui AB= 6m, BC= 2m dan CD= 5 m. Lebar sungai
(AE) adalah ….
A.
16 m C. 14 m
B.
15 m D. 12 m
* Kunci jawaban:B
* Pembahasan :
DABE DBCD
Misalkan lebar sungai AE = x m
2x = 30
x=
x = 15
Jadi lebar sungai adalah 15 m
29. *Indikator
SKL
Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang.
*
Indikator soal
Peserta didik dapat menentukan
banyak sisi, bidang diagonal atau
diagonal ruang pada kubus atau balok
* Soal
Banyak bidang diagonal pada balok
adalah ….
A. 4 buah C. 8 buah
B.
6 buah D.
12 buah
* Kunci jawaban: B
* Pembahasan :
Lihat gambar balok di samping!
Contoh bidang diagonal adalah
bidang CDEF.
Bidang diagonal yang lain adalah
….
ABGH, BDHF, ACGE, ADGF, BCHE
Jadi bidang diagonal pada balok
ada 6 buah
30. *Indikator
SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kerangka atau
jaring-jaring bangun ruang.
*
Indikator soal
Peserta didik dapat menyelesaikan
soal cerita berkaitan dengan model
kerangka bangun ruang
* Soal
Budi akan membuat kerangka prisma
segitiga siku–siku dengan panjang sisi siku–siku alasnya 8 cm dan 15 cm . Jika
tinggi prisma adalah 20 cm dan disediakan kawat 1,5 meter maka panjang kawat
yang tersisa adalah ….
A. 17 cm C. 9 cm
B. 10 cm D. 8 cm
*
Kunci jawaban : A
* Pembahasan :
Lihat gambar!
Misal panjang sisi miring alas = x
x2 = 82 + 152
=
64 + 225
=
289
x =
=
17 cm
Jadi panjang kawat yang diperlukan
= 2(8+15+17) + 3(20)
= 80 + 60
= 140 cm
Panjang sisa kawat = 150 cm – 140
cm
= 10 cm
31. *Indikator
SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume
bangun ruang.
*
Indikator soal
Peserta didik
dapat menghitung volume kubus, balok, prisma, atau limas
* Soal
Perhatikan gambar di samping!
Volume bangun tersebut adalah ….
A. 384 cm3
B. 400 cm3
C. 768 cm3
D. 832 cm3
* Kunci jawaban : A
* Pembahasan :
* Pembahasan :
Perhatikan gambar di samping!
HF2 = 62 + 82
= 36 + 64
= 100
HF = 10 cm
OF = ½ HF = 5 cm
OT2 = TF2 – OF2
= 132 – 52
= 169 – 25
= 144
OT = 12 cm
Volume bangun
tersebut = Volume balok ABCD
EFGH + Volume limas T. EFGH
= (8×6×4) + × ( 8×6×12)
= 192 cm3 + 192 cm3
= 384 cm3
32. *Indikator
SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume
bangun ruang.
*
Indikator soal
Peserta
didik dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volume bangun ruang
sisi lengkung
* Soal
Perhatikan gambar!
Sebuah tempat air berbentuk
kerucut yang panjang jari-jari 10 cm dan tinggi 12 cm penuh berisi minyak.Seluruh
minyak dalam kerucut dituang ke dalam wadah berbentuk tabung yang panjang
jari-jarinya samadengan jari-jari kerucut. Tinggi minyak pada wadah adalah....
A. 3cm C. 5 cm
B. 4 cm D. 6 cm
* Kunci jawaban: B
* Pembahasan :
Misalkan tinggi minyak dalam
tabung = t cm
Volume kerucut = × p× 102 × 12 cm3
Volume minyak dalam tabung = p×102×t
cm3
Volume minyak dalam kerucut = volume
minyak dalam tabung
× p× 102 × 12 cm3 = p×102×
t cm3 (kedua ruas dibagi 102×p)
× 12 = t
t = 4
Jadi tinggi minyak dalam tabung adalah
4 cm
33. *Indikator
SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume
bangun ruang.
*
Indikator soal
Peserta didik dapat menghitung
luas kubus, balok, prisma, atau limas
* Soal
Perhatikan gambar di samping!
Luas permukaan prisma trapesium
tersebut adalah ….
A. 672 cm2
B. 960 cm2
C. 1.056 cm2
D. 1.152 cm2
* Kunci jawaban: D
* Pembahasan :
Luas permukaan prisma trapesium
tersebut =
(Keliling alas × tinggi) + 2× luas
alas
Dimana
alas prisma adalah trapesium BCGF,
Tinggi prisma = GH =20 cm
Perhatikan segitiga siku–siku BIF
BI = 20 – 12 = 8 cm
IF = 6 cm
FB2 = BI2 + IF2
= 82 + 62
= 64 + 36 = 100
FB = 10 cm
Keliling
alas = (20+6+12+10) cm = 48 cm
Luas alas = ½ ×(12+20)×6 = 96 cm2
Jadi luas
prisma tersebut = (48×20) + (2×
96)
= 960 cm2
+ 192 cm2
= 1.152
cm2
34. *Indikator
SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun
ruang.
*
Indikator soal
Peserta didik dapat menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan dengan luas bangun ruang sisi lengkung
* Soal
Roni membuat topi ulang tahun dari
karton berbentuk kerucut dengan diameter alas 21 cm, dan panjang garis
pelukisnya 20 cm sebanyak 50 buah. Jika p = dan harga karton
Rp40.000,00 per m2, maka biaya minimal seluruhnya adalah ….
A. Rp132.000,00 C. Rp164.000,00
B. Rp148.000,00 D. Rp182.000,00
* Kunci jawaban:A
* Pembahasan :
Luas topi = Luas selimut kerucut
= prs
= × × 20 cm2
= 660 cm2
Untuk membuat 50 topi ulang tahun
luas karton yang diperlukan = 50 × 660
= 33000 cm2
= 3,3 m2
Jadi biaya pembuatan 50 topi = 3,3
× Rp40.000,00 = Rp132.000,00
35. *Indikator
SKL
Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam
menyelesaikan masalah sehari-hari.
*
Indikator soal
Peserta didik
dapat menghitung mean, median, atau modus data tunggal
* Soal
Data tinggi
32 anak kelas IX A dalam satuan cm adalah sebagai berikut:
158 160 157 158 152 156 157 160
152 152 158 155 153 158 157 159
151 150 158 157 149 152 158 157
Modus
dari data tersebut adalah….
A.
153 C. 158
B.
157 D. 159
* Kunci jawaban: C
* Pembahasan :
Modus
adalah datum yang memiliki frekuensi tertinggi. Data dapat dibuat distribusi
frekuensi:
Tinggi
|
Frekuensi
|
149
|
2
|
150
|
2
|
151
|
1
|
152
|
6
|
153
|
2
|
154
|
1
|
155
|
2
|
156
|
1
|
157
|
5
|
158
|
7
|
159
|
1
|
160
|
2
|
Data
yang frekuensinya terbanyak adalah 158, sehingga modusnya 158.
36.
*Indikator SKL
Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam
menyelesaikan masalah sehari-hari.
*
Indikator soal
Peserta didik
dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan nilairata-rata
* Soal
Rata-rata berat badan 6 orang
pemain volly 65 kg. Setelah terjadi pergantian seorang pemain, berat rata-rata
menjadi 63,5 kg. Jika berat badan pemain yang keluar 64 kg, maka berat badan
pemain yang baru masuk adalah ....
A. 55,00 kg C. 64, 25 kg
B. 63,75 kg D. 64,50 kg
* Kunci jawaban:A
* Pembahasan :
Jumlah berat badan 6 pemain
sebelum pergantian pemain = 6×65= 390kg
Jumlah berat badan 5 pemain
setelah ada yang keluar = 390 – 64 = 326
Misalkan berat badan pemain yang
masuk = n kg maka
326 + n = 6× 63,5 kg
326 + n = 381 kg
n =
381 –326
n =
55 kg
37. *Indikator
SKL
Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam
menyelesaikan masalah sehari-hari.
*
Indikator soal
Peserta didik dapat menafsirkan
data yang disajikan dalam bentuk tabel frekuensi
* Soal
Hasil ulangan matematika kelas IX
A sebagai berikut:
DAFTAR NILAI
ULANGAN HARIAN KE–1
|
|||||||||||
Nilai
|
50
|
55
|
60
|
65
|
70
|
75
|
80
|
85
|
90
|
95
|
100
|
frekuensi
|
1
|
2
|
3
|
5
|
6
|
7
|
4
|
3
|
2
|
1
|
1
|
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)= 70
|
Siswa dikatakan tuntas belajar
jika nilainya tidak kurang dari KKM.Banyak siswa yang tidak tuntas ulangan
harian ke–1 adalah ….
A. 24 siswa C. 11 siswa
B. 17 siswa D.
6 siswa
* Kunci jawaban: C
* Pembahasan :
Siswa yang tidak tuntas jika
mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) = 70, ada (1+2+3+5) =
11 siswa
38. *Indikator
SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian atau
penafsiran data.
*
Indikator soal
Peserta didik dapat menafsirkan data
yang disajikan dalam bentuk diagram garis
* Soal
Perhatikan grafik hasil panen kopi
di suatu daerah tahun 2006 – 2012 di samping!
Kenaikan hasil panen kopi sebesar
12,5% terjadi pada tahun ....
A. 2007C. 2010
B. 2008D. 2012
* Kunci jawaban: D
* Pembahasan :
Pada tahun 2010 hasil panen kopi
800 ton
Pada tahun 2011 hasil panen kopi
900 ton
Tahun 2011 hasil panen kopi naik
100 ton
Persentase kenaikan = = 12,5%
39. *Indikator
SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang
suatu kejadian
* Indikator soal
Peserta didik dapat menentuan
peluang suatu kejadian tertentu pada suatu percobaan
* Soal
Dua buah dadu dilambungkan
bersama. Peluang muncul kedua mata dadu bilangan prima adalah ….
A. C.
B. D.
* Kunci jawaban: B
* Pembahasan :
Ruang sampel
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1
|
(1,1)
|
(1,2)
|
(1,3)
|
(1,4)
|
(1,5)
|
(1,6)
|
2
|
(2,1)
|
(2,2)
|
(2,3)
|
(2,4)
|
(2,5)
|
(2,6)
|
3
|
(3,1)
|
(3,2)
|
(3,3)
|
(3,4)
|
(3,5)
|
(3,6)
|
4
|
(4,1)
|
(4,2)
|
(4,3)
|
(4,4)
|
(4,5)
|
(4,6)
|
5
|
(5,1)
|
(5,2)
|
(5,3)
|
(5,4)
|
(5,5)
|
(5,6)
|
6
|
(6,1)
|
(6,2)
|
(6,3)
|
(6,4)
|
(6,5)
|
(6,6)
|
n(S) = 36
n(kedua mata dadu
prima) = 9
Jadi peluang
muncul kedua mata dadu berjumlah tujuh = =
40. *Indikator
SKL
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang
suatu kejadian
*
Indikator soal
Peserta didik
dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan peluang
* Soal
Suatu keluarga ingin memiliki 2
anak saja. Jika peluang lahir anak laki–laki dan lahir anak perempuan sama,
peluang kedua anaknya perempuan adalah …
A. C.
B. D. 1
* Kunci jawaban: A
* Pembahasan
Anak ke–1
Anak ke–2
|
L
|
P
|
L
|
LL
|
LP
|
P
|
PL
|
PP
|
S= {LL,LP,PL,PP}
n(S)
= 4
Peluang
kedua anaknya perempuan = Peluang (PP) =
Tidak ada komentar:
Posting Komentar