PREDIKSI SOAL DAN PEMBAHASAN
UJIAN NASIONAL
MATA PELAJARAN IPA
TAHUN 2012/2013
Indikator SKL :
Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya
atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator Soal :
Disajikan
gambar alat ukur (mistar, neraca, stopwatch, gelas ukur, termometer), peserta
didik dapat membaca hasil pengukuran yang ditunjukkan gambar tersebut
1.
Sebuah
bejana diukur massanya, kemudian diisi zat cair P dan Q secara bergantian. Hasil pengukurannya seperti pada gambar.
Berdasarkan data yang tampak tersebut, disimpulkan ....
Massa
|
||
Zat cair P
|
Zat cair Q
|
|
A.
|
200 gram
|
240 gram
|
B.
|
280 gram
|
160 gram
|
C.
|
200 gram
|
160 gram
|
D.
|
280 gam
|
240 gram
|
Kunci : C
Indikator SKL :
Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator Soal :
Disajikan gambar bebrapa logam
yang besarnya sama tetapi massanya berbeda peserta didik mampu menentukan jenis
masing-masing logam.
2.
Perhatikan gambar berikut!
I
II III
96,5 gram, 42,5 gram, 52,5 gram
Nama Zat
|
Massa Jenis
|
Emas
|
19,3 g/cm3
|
Timbal
|
11 g/cm3
|
Perak
|
10,5 g/cm3
|
Kuningan
|
8,4
g/cm3
|
Besi
|
7,9 g/cm3
|
Aluminium
|
2,7 g/cm3
|
Tiga benda tersebut dicat dengan
warna yang sama, masing-masing memiliki bentuk dan volum yang sama. Apabila
masing-masing memiliki volume 5 cm3,
dengan memperhatikan tabel massa
jenis berbagai zat, maka ketiga benda tersebut secara berturut-turut terbuat
dari ...
A.
emas, perak, alumunium
B.
perak, emas, besi
C.
emas, kuningan, perak
D.
perak, besi, kuningan
Kunci : C
Pembahasan :
Benda I
m= 96,5 g
V= 5 cm3
r = m = 96,5
gram = 19,3 g/cm3
V
5 cm3
Benda II
m=42 g
V= 5 cm3
r = m = 42
gram = 8,4 g/cm3
V
5 cm3
Benda III
m= 52,5 g
V= 5 cm3
r = m = 52,5 = 10,5g/cm3
V
5 cm3
Benda I, Benda II, dan Benda III
berturut-turut terbuat dari bahan emas, kuningan, dan perak.
Indikator SKL :
Menjelaskan pengaruh suhu terhadap pemuaian zat yang terjadi dalam kehidupan
sehari-hari.
Indikator Soal :
Peserta didik
dapat memberikan contoh masalah pemuaian yang terjadi di sekitar kehidupan
sehari- hari, dan memberikan alasannya
3.
Perhatikan beberapa perilaku yang berkaitan dengan pemuaian berikut!
(1) Memberikan celah pada sambungan rel kereta
api
(2) Memasang kabel transmisi listrik tidak
kendor di saat cuaca panas
(3) Membuat ukuran bingkai jendela lebih besar
dari ukuran kacanya
(4) Merangkaikan bimetal pada seterika listrik
otomatis
Masalah-masalah yang timbul akibat pemuaian dapat
diatasi oleh perilaku yang ditunjukan oleh nomor …
A.
(1), (2), dan (3) C. (3), (4), dan (1)
B.
(2),
(3), dan (4) D. (4), (1), dan (2)
Kunci : A
Pembahasan :
(1) Memberikan celah pada sambungan rel kereta
api merupakan cara untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh
pemuaian. Yaitu jika tidak diberi celah, maka rel kereta api yang terbuat dari
besi ketika siang hari panas terik rel bisa melengkung (bengkok).
(2) Memasang kabel transmisi listrik tidak
kendor di saat cuaca panas, merupakan cara untuk mengatasi masalah yang
ditimbulkan oleh pemuaian. Yaitu jika pemasangan kabel listrik yang dilakukan
pada siang hari tidak kendor, maka kanel listrik akan putus ketika malam hari
suhu menjadi dingin (menyusut).
(3) Membuat
ukuran bingkai jendela lebih besar dari ukuran kacanya, merupakan cara
untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh pemuaian. Yaitu jika bingkai
tidak dibuat lebih besar dari kacanya , maka kaca bisa pecah karena memuai
ketika siang hari panas.
(4) Merangkaikan bimetal pada seterika listrik
otomatis, ini merupakan manfaat pemuaian. Ketika seterika panas bimetal
akan membengkok ke arah logam yang koefisien muainya lebih kecil, sehingga arus
listrik terputus seterika pun menjadi dingin dan seterusnya.
Indikator SKL :
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau
penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator Soal :
Peserta didik
dapat menyebutkan contoh pemanfaatan perubahan wujud dalam kehidupan
sehari-hari.
4.
Perhatikan
rangkaian percobaan tampak pada gambar berikut!
Dari data yang tampak tersebut, dibuat kesimpulan bahwa zat (x) dan zat (y)
adalah....
Zat (x)
|
Zat (y)
|
|||
Bentuk
|
Volum
|
Bentuk
|
Volum
|
|
A.
|
berubah
|
berubah
|
berubah
|
tetap
|
B.
|
tetap
|
berubah
|
berubah
|
berubah
|
C.
|
berubah
|
berubah
|
tetap
|
berubah
|
D.
|
berubah
|
tetap
|
berubah
|
berubah
|
Kunci : D
Pembahasan :
Zat (x) adalah zat cair. Zat cair
memiliki sifat bentuk selalu berubah sesuai dengan wadah atau tempat yang
ditempatinya. Sedangkan Zat (Y) adalah gas memiliki sifat bentuk dam volumenya
selalu berubah a (memenuhi ruangan).
Indikator SKL :
Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hokum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator Soal :
Peserta didik
dapat memberikan contoh penerapan jenis gerak lurus dalam kehidupan
sehari-hari.
5.
Perhatikan
grafik dan pernyataan berikut!
Pernyataan:
1.
Gerak lurus dipercepat beraturan
2.
Gerak lurus diperlambat beraturan
3.
Gerak lurus dengan kecepatan tetap
4.
Jarak perpindahan 150 m
Grafik tersebut di atas merupakan
diagram sebuah benda yang bergerak, pernyataan yang sesuai untuk menjelaskan
diagram tersebut ditunjukkan pada nomor….
A.
1,2, dan 3
B.
2,3, dan 4
C.
3 dan 4 saja
D.
4 dan 1 saja
Kunci : C
Pembahasan :
Grafik tersebut menggambarkan
sebuah benda yang bergerak selama 15 detik memiliki kecepatan tetap yaitu 10
m/s.
Perpindahan yang dialami benda=
10 m/s x 15 detik = 150 m
Indikator SKL :
Menentukan besaran fisis pada
usaha atau energi pada kondisi
tertentu.
Indikator Soal :
Peserta didik
dapat menghitung besarnya usaha atau gaya pada benda diangkat vertikal ke atas.
6. Seorang siswa sedang
menarik beban dari dalam sumur seperti pada gambar berikut :
Jika percepatan
gravitasi bumi sebesar 10 m/s² dan antara katrol dan tali tidak terjadi gesekan,
maka beban (timba) bergerak ….
A.
ke
bawah, dengan percepatan 10 m/s²
B. ke atas, dengan percepatan 10 m/s²
C.
ke
bawah, dengan percepatan 2 m/s²
D. ke
atas, dengan percepatan 2 m/s²s
Kunci : B
Pembahasan :
Kerekan timba merupakan katrol
tunggal yang memiliki keuntungan mekanis satu, dimana gaya yang diberikan untuk mengangkat beban
adalah sebesar berat benda. Mengapa dengan kerekan timba mampu mengankat beban
tearsa lebih ringan, karena mengankat atau menarik ke bawah lebih mudah
daripada ke atas.
Indikator SKL :
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator Soal :
Peserta didik
mampu menjelakan prinsip kerja pesawat sederhana.
7.
Perhatikan gambar!
Untuk mengangkat beban ke atas, agar lebih mudah
maka menggunakan papan miring. Hal ini disebakan karena ….
A.
usaha yang dilakukan menjadi lebih kecil
B.
gaya yang dilakukan
menjadi lebih kecil
C.
jarak perpindahan menjadi lebih kecil
D.
gravitasi bumi menjadi kecil
Kunci : B
Pembahasan :
Bidang miring merupakan pesawat
sederhana, yaitu suatu alat yang dilakukan untuk memudahkan melakukan kerja.
Namun pesawat sederhana tidak mengubah usaha (usaha tetap). Pada bidang miring gaya yang dialkukan memang
kecil tetapi jarak perpindahan menjadi besar, sehingga usaha tetap.
Indikator SKL :
Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat
Indikator Soal :
Disajikan
gambar dua bejana yang berisi zat cair yang berbeda, Peserta didik dapat menentukan besarnya tekanan zat cair
pada dasar masing-masing bejana,
8.
Perhatikan gambar!
|
Gambar
I gambar II
Apabila ikan-ikan pada dua bejana
tersebut berada pada dasar wadah, maka
tekanan air yang dialami ikan pada ….
A.
wadah I sama besar
daripada ikan pada wadah II
B.
wadah I lebih besar daripada ikan pada wadah II
C.
wadah I lebih kecil daripada ikan pada wadah II
D.
bergantung pada massa ikannya
Kunci : A.
Pembahasan :
Tekanan dalam cair= ρ x g x h.
artinya tekanan zat cair hanya
bergantung pada massa
jenis zat cair, percepatan gravitasi dan kedalaman zat cair. Tekanan zat cair
tidak bergantung pada massa
benda yang tercelup dalam zat cair maupun tidak bergantung pada bentuk wadah.
Sehingga pada jenis zat cair yang sama, meskipin bentuk wadah berbeda, tekanan
pada kedalaman yang sama akan sama besar.
Indikator SKL :
Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.
Indikator Soal :
Disajikan grafik gelombang , peserta didik dapat menentukan nilai salah
satu besaran gelombang
9.
Grafik
berikut menampilkan simpangan dari sebuah titik dalam satu medium sebagai
fungsi waktu ketika sebuah gelombang lewat melalui medium.
Jika panjang gelombang tersebut 6 m, maka cepat
rambat gelombangnya adalah ….
- 3 m/s
- 6 m/s
- 8 m/s
- 12 m/s
Kunci : D
Pembahasan :
Indikator SKL :
Menjelaskan sifat bunyi atau
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator Soal :
Menjelaskan ciri-ciri dan sifat-sifat bunyi serta penerapannya dalam kehidupan sehari hari, melalui gambar.
10.
Seorang
siswa melakukan percobaan di lab-IPA dengan menggunakan penggaris plastik yang
dijepitkan salah satu ujungnya pada meja seperti gambar berikut :
Ketika panggaris digetarkan ternyata menghasilkan 1.000 getaran setiap
menitnya, namun siswa tersebut tidak
mendengar getaran bunyi yang dihasilkan. Hal ini disebabkan ....
A.
dinding
lab-IPA tidak dapat memantulkan bunyi
B.
bunyi
yang dihasilkan diserap oleh dinding lab-IPA
C.
frekuensi bunyi yang dihasilkan
kurang dari 20 Hz
D.
frekuensi
bunyi yang dihasilkan lebih dari 20 Hz
Kunci : C
Pembahasan :
Frekuensi bunyi
yang dihasilkan kurang dari 20 Hz, sehingga tidak dapat didengar oleh manusia.
Indikator
SKL :
Menentukan
besaran-besaran pada alat optik dan
penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
Indikator
Soal :
Siswa
dapat menentukan sifat bayangan pada alat optic tertentu.
11. Bayangan akhir yang dibentuk oleh mikroskop bersifat ….
A.
maya, tegak diperbesar
B.
maya, terbalik
diperbesar
C.
nyata, terbalik
diperbesar
D.
nyata, tegak,
diperbesar
Kunci : B
Pembahasan :
Mikroskop
terdiri dari 2 buah lensa yaitu lensa obyektif dan lensa okuler. Benda (obyek)
diletakkan diantara f obyektif dengan 2f. Diperoleh bayangan nyata, terbalik
diperbesar. Bayangan yang dibentuk oleh lensa obyektif, diterima oleh lensa
okuler sebagai benda nyata. Okuler berfungsi sebagai lup, sehingga bayangan
obyektif harus jatuh di antara fokus dengan okuler atau paling jauh di titik
fokus okuler. Bayangan okuler bersifat maya diperbesar dan tegak terhadap
bayangan obyektif. Jadi bayangan akhirnya bersifat : maya, terbalik dan
diperbesar.
Indikator SKL :
Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan
kehidupan sehari-hari
Indikator soal :
Siswa dapat menentukan nilai gaya
elektrostika antara 2 benda bermuatan listrik jika jarak kedua benda dijauhkan atau didekatkan pada
kelipatan tertentu dari jarak semula dengan muatan tetap.
12. Dua
buah muatan masing-masing Q1 dan Q2 berada di udara
terpisah pada jarak 2r sehingga terjadi gaya tarik sebesar F seperti tampak
pada gambar.
Jika kedua muatan dipindahkan sehingga berjarak 2 kali
jarak mula-mula, maka gaya
tarik antara kedua muatan menjadi....
A.
4F
B.
2F
C.
F
D.
F
Kunci : C
Pembahasan :
Besarnya
gaya tarik menarik atau tolak menolak antara dua benda bermuatan berbanding
terbalik dengan kuadrat jarak antara dua
benda bermuatan tersebut.
Karena
jarak diperbesar menjadi 2 kali, maka
besarnya gaya tarik menarik antara 2
benda tersebut menjadi ¼ kali gaya
semula.
Indikator SKL :
Menentukan besaran-besaran
listrik dinamis dalam suatu rangkaian
(seri / paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
Indikator soal :
Disajikan gambar rangkaian
beberapa penghamaba tsecara seri paralel yang
diketahui hambatannya masing-masing, Siswa dapat menentukan kuat arus
yang mengalir jika ggl dan hamabatan
dalam sumber tegangan diketahui.
13.
Perhatikan
gambar rangkaian listrik berikut !
Kuat arus pada
amperemeter adalah ....
A.
2 A
B.
3 A
C.
4 A
D.
5
A
Kunci : A
Penjelasan :
Indikator SKL :
Menentukan besarnya energi atau daya listrik dala kehidupan
sehari-hari
Indikator soal :
Disajikan gambar alat listrik
yang diketahui daya dan tegangannya, siswa dapat menentukan hambatan alat
tersebut
14. Perhatikan
gambar alat listrik berikut !
Jika mikrowave memiliki daya 400
watt dan bekerja dengan sempurna saat
dipasang pada sumber tegangan 200 volt, maka hambatan pada mikrowave
sebesar....
A. 50 Ω
B. 100 Ω
C. 200 Ω
D. 800 Ω
Kunci :B
Pembahasan :
Diket : P = 400 W, V= 200 watt
Ditanya : R
P = V .
I, I = , P =
R =
R =
R =
R = 100
Ώ
Indikator SKL :
Menjelaskan cara pembuatan magnet
dan kutub-kutub yang dihasilkan
Indikator soal :
Disajikan gambar pembuatan magnet
dengan cara menggosok siswa dapat
menentukan kutub magnet.
15. Perhatikan
pembuatan magnet seperti gambar berikut!
Ujung B dan C menjadi kutub
magnet ....
A.
U dan U
B.
S dan S
C.
U dan S
D.
S dan U
Kunci : C
Pembahasan :
Dengan menggunakan kaidah tangan
kanan maka kutub-kutub magnet yang terbentuk adalah A kutub Selatan, B kutub Utara, C kutub Selatan dan D kutub
Utara
Indikator SKL :
Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada
transformator.
Indikator soal :
Disajikan gambar skema trafo
siswa dapat menentukan salah satu
variabel pada rumus trafo jika variabel lainnya diketahui.
16. Perhatikan
gambar!
Transformator
menghasilkan tegangan 0ut put 20 volt, maka tegangan input pada transformator sebesar
. . . .
A.
10 V
B.
100 V
C.
200 V
D.
450 V
Kunci : C
Pembahasan :
Np / Ns = Vp
/ Vs
500 / 50 = Vp
/ 20
Vp = 500 x 20
/ 50
Vp = 200 volt
Indikator SKL :
Menjelaskan fenomena
alam yang terjadi akibat perubahan suhu atau
peredaran bumi-bulan terhadap matahari
Indikator soal :
Siswa dapat mememberikan contoh fenomena alam yang disebabkan oleh
rotasi bumi
17. Salah
satu akibat dari rotasi bumi adalah ....
A.
perubahan musim
B.
terjadinya siang dan malam
C.
perbedaan lamanya malam dengan siang
D.
gerak semu tahunan matahari dari utara ke
selatan
Kunci : B
Pembahasan :
Rotasi bumi dari arah
barat ke timur. Rotasi bumi menyebabkan beberapa fenomena alam antara lain : terjadinya
perubahan malam dengan siang, gerak semu harian bneda langit dari timur ke
barat, perbedaan waktu dibelahan bumi berbeda, penggembungan bumi di
katulistiwa dan pepat di kutub.
Indikator SKL :
Mengidentifikasi atom,
ion, unsur, atau molekul sederhana serta penggunaannya pada produk kimia
dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator soal :
Siswa dapat mengolongkan beberapa contoh zat
ke dalam kelompok campuran.
18.
Berikut
ini adalah nama beberapa zat.
1.
udara
2.
gula pasir
3.
air laut
4.
air murni
5.
emas
Diantara zat-zat
tersebut yang termasuk campuran adalah ... .
A.
1, dan 3
B.
2 dan 4
C.
4 dan 5
D.
1 dan 2
Kunci : A
Pembahasan :
1 dan 3
merupakan campuran
2 dan 4
merupakan senyawa
5 merupakan
unsur
Indikator SKL :
Menjelaskan sifat-sifat fisika dan atau kimia berdasarkan hasil
percobaan
Indikator soal :
Siswa dapat menentukan sifat fisika atau kimia dari percobaan sederhana/pengamatan
19.
Diketahui
sifat-sifat zat dari dari hasil pengamatan beberapa zat :
(1) mudah
berkarat
(2) mempunyai
titik didih yang tinggi
(3) mudah
membusuk
(4) mudah
dialiri listrik
Kunci :
B
Berdasarkan pernyataan di atas,
yang termasuk sifat kimia adalah pasangan nomor ...
A.
(1) dan
(2)
B.
(1) dan (3)
C.
(2) dan
(3)
D.
(3) dan
(4)
Indikator SKL :
Menjelaskan perubahan
fisika atau kimia
berdasarkan hasil percobaan.
Indikator soal :
Disajikan
suatu data proses percobaan perubahan zat, siswa dapat mengelompokkan perubahan kimia dari percobaan
tersebut
20. Data
hasil percobaan
(1) air dipanaskan akan menguap
(2) logam dipanaskan akan membara
(3) besi dibiarkan di tempat terbuka mengalami
korosi
(4) garam dibuat dengan mencampurkan asam dan
basa
Berdasarkan data di atas, yang
termasuk perubahan kimia adalah pasangan nomor ....
A.
(1) dan (2)
B.
(1) dan (3)
C.
(2) dan (3)
D.
(3) dan (4)
Kunci : D
Pembahasan :
Perubahan
kimia adalah proses prubahan suatu benda yang menghasilkan zat jenis baru, dan
zat tersebut tidak dapat kembali lagi ke zat semula, terjadinya melalui proses
reaksi kimia.
21.
Indikator SKL :
Menjelaskan
bahan kimia dan dampak negatifnya bagi tubuh manusia dan lingkungannya.
Indikator soal :
Siswa dapat
menjelaskan pengaruh zat aditif dengan
kesehatan
Butir soal :
Obat nyamuk bakar yang digunakan secara terus menerus dapat menyebabkan
efek samping terhadap fungsi organ-organ tubuh. Sistem organ yang dipengaruhi
secara langsung adalah….
A.
sistem peredaran
darah
B.
sistem pencernaan
makanan
C.
sistem pernapasan
D.
sistem saraf sadar
Kunci : C
Penjelasan :
Obat nyamuk bakar menghasilkan
asap, di dalam asap tersebut terdapat bahan kimia seperti CO2, CO, zat racun dan berbagai zat
berbahaya lainya, zat tersebut sangat berbahaya bagi tubuh, terutama pada
system pernapasan
22.
Indikator SKL :
Menjelaskan zat
adiktif/psikotropika serta pengaruhnya bagi tubuh manusia,
Indikator soal :
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri fisiologis pengaruh zat adiktif
Butir soal :
Dampak fisiologi penggunaan zat adiktif dan psikotropika pada pemakai
adalah ….
A.
kulit menjadi cepat
keriput
B.
menurunya fungsi
alat reproduksi
C.
merasa nyaman dalam
pergaulan
D.
susah dalam
menerima pelajaran
Kunci : B
Penjelasan :
Salah satu dampak fisiologis
akibat pemakaian zat adiktif psikotropika pada manusia adalah menurunya fungsi
alat reproduksi untuk menghasilkan sperma maupun sel telur, akibatbya akan
mengalami kemandulan
23.
Indikator SKL :
Mengidentifikasi ciri-ciri
makhluk hidup
Indikator soal :
Diberikan
gambar ciri mahluk hidup siswa dapat menentukan ciri yang benar
Butir soal :
Perhatikan gambar
berikut ini:
Gambar diatas menunjukan bahwa makhluk hidup memilki ciri
....
A.
bergerak
B.
tumbuh dan
berkembang
C.
berkembangbiak
D.
peka tehadap
rangsangan
Kunci : B
Penjelasan :
Gambar tersebut merupakan
proses metamorphosis pada hewan katak, dari mulai telur sampai dewasa. Secara
morfologi terjadi proses pertumbuhan, sejalan dengan itu juga mengalami
perkembangan
24.
Indikator SKL :
Mengelompokkan
makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya.
Indikator soal :
Diberikan
gambar tumbuhan, siswa dapat mengidentifikasi ciri pengelompokan tumbuhan tinggi/tendah
Butir soal :
Perhatikan gambar berikut!
|
Kunci : C
Penjelasan :
Gambar
tersebut adalah salah satu tumbuhan monokotil. Cir-ciri tumbuhan monokotil
adalah: akar serabut, batang tidak berkambium, susunan jaringan pembuluh
tersebar, susunan tulang daun daun sejajar berbentuk pita, jumlah bagian bunga
berkelipatan 3
25.
Indikator SKL :
Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem
Indikator soal :
Diberikan
gambar pola interaksi mahluk hidup siswa dapat menentukan interaksi antar makhluk hidup (simbiosis)
Butir soal :
Perhatikan gambar
berikut!
Pola interaksi
antara tumbuhan pada gambar tersebut adalah ….
A.
mutualisme
B.
komensalisme
C.
parasitisme
D.
antibiosis
Kunci : B
Penjelasan :
Gambar tersebut adalah tumbuhan
paku tanduk rusa (Platycerium bifurcatum) yang hidup menenpel pada tumbuhan inang,
pada pola interaksi ini tanaman paku hanya menempel untuk hidup dan tidak
merugikan tumbuhan yang di tempelinya, makanan di cari sendiri dan di
fotosintesis .
26.
Indikator SKL :
Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi
pencemaran dan kerusakan lingkungan
Indikator soal :
Siswa dapat mengidentifikasi usaha manusia untuk
mengatasi pencemaran tanah (daur ulang)
Butir soal :
Akibat kemajuan dalam bidang industri, maka hampir semua kemasan produk
menggunakan bahan yang terbuat dari plastik, hal ini bedampak pada pencemaran
tanah. Usaha yang di lakukan untuk menanggulangi hal tersebut adalah ….
A.
mengubur sampah
plastik di dalam tanah
B.
mendaur ulang
limbah plastik menjadi bahan baru
C.
membakar sampah
plastik
D.
menimbun dengan
sampah organik
Kunci : B
Penjelasan :
Plastik merupakan polietilen
yang merupakan bahan pencemar bagi tanah karena tidak dapat di uraikan oleh
bakteri dalam waktu yang cepat, tapi baru dapat terurai dalam waktu lebih dari
150n tahun, hal ini akan mengakibatkan pencemaran bagi tanah. Salah satunusaha
yang dim lakukan untuk mengetasi hal tersebut adalah mendaur ulang sampah
bahan-bahan yang terbuat dari plastic menjadi bahan yang bisa di pakai lagi.
27.
Indikator SKL :
Menjelaskan hubungan antara
kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil
pengamatan/ kasus
Indikator soal :
Disajikan
grafik hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan banyaknya sampah,
siswa dapat menjelaskan hubungan tersebut
Butir soal :
Perhatikan
grafik berikut.
Grafik yang menunjukan pengaruh
kepadatan populasi manusia terhadap ketersediaan lahan hijau di pemukiman, adalah....
X: kepadatan populasi manusia
Y: jumlah sampah di lingkungan
Kunci : C
Penjelasan :
Ketersediaan lahan hijau tetap
atau bahkan menurun, sejalan dengan semakin bertambahnya jumlah populasi
manusia. Meningkatnya kepadatan populasi menusia diikuti dengan semakin
banyaknya lahan yang diperlukan untuk remah, jalan, dan kebutuhan lainnya, yang
banyak memobgkar lahan hijau.
28.
Indikator SKL :
Menjelaskan system peredaran darah pada manusia/penyakit
yang berhubungan dengannya
Indikator soal :
Disajikan data, siswa dapat membedakan pembuluh darah
(arteri dan vena)
Butir soal :
Perhatikan data berikut
1.
Kaya
oksigen
2.
Kaya
carbondioksida
3.
Memiliki
banyak katup
4.
bersifat
elastis
5.
letak
dekat permukaan kulit
ciri yang di
miliki oleh pembuluh arteri adalah ….
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3, dan 4
C. 2, 4 dan 5
D. 3, 4 dan 5
Kunci : B
Penjelasan :
Pembuluh darah
arteri memiliki ciri-ciri: mengalirkan darah bersih, mengadung oksigen,
letaknya lebih dalam dari kulit, denyutnya terasa, memiliki katup sedikit,
pembuluh bersifat elatis
29.
Indikator SKL :
Menjelaskan system pencernaan
dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan
Indikator soal :
Disajikan tabel enzim dan fungsinya, siswa dapat
menetukan nama enzim serta fungsinya
dengan benar
Butir soal :
Perhatikan tabel berikut!
No
|
Nama enzim
|
Fungsi
|
I
|
Pepsin
|
Mengubah protein menjadi pepton
|
II
|
Amilase
|
Mengubah maltosa menjadi glukosa
|
III
|
Renin
|
Menggumpalkan protein susu (kasein)
|
IV
|
Tripsin
|
Mengubah protein menjadi asam amino
|
Berdasarkan
tabel di atas, nama enzim yang di hasilkan oleh pankreas beserta fungsinya
adalah….
A. I dan II
B. I dan III
C. II dan III
D. II dan IV
Kunci : D
Penjelasan :
Dalam pankrean ada 3 macam enzim yang berperan mengubah
makanan yang masuk dalam tubuh antara lain:
Tripsin : mengubah
pepton menjadi asam amino
Amylase : mengubah amilum /
amatosa menjadi glukosa
Lipase : mengubah
lemak menjadi asam lemak dan gliserol
30.
Indikator SKL :
Menjelaskan system pernapasan pada manusia/penyakit yang
berhubungan dengannya
Indikator soal :
Disajikan gambar alat pernapasan, siswa dapat menentukan
organ dengan fungsi tertentu
Butir soal :
Perhatikan gambar berikut!
Proses yang terjadi pada organ X terhadap udara pernafasan menuju paru-paru
adalah ….
A.
penyesuaian suhu
udara
B.
penyerapan oksigen
oleh dinding
C. penyaringan udara oleh cilia
D.
pelepasan uap air
melalui lender
Kunci : C
Penjelasan :
Bagian yang tunjuk tanda panah adalah batang tenggorok
(trachea) pada dindingnya terdapat cilia, fungsi utamanya adalah menyaring
kotoran yang masuk bersama udara, dimana dalam rongga hidung belum tersaring,
maka di trachea akan di saring kembali oleh cilia.
31.
Indikator SKL :
Menjelaskan sistem
gerak pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya..
Indikator Soal :
Disajikan gambar salah
satu jenis otot, siswa
dapat menentukan fungsi jenis otot tersebut
Butir Soal :
Perhatikan gambar jenis otot
berikut!
Fungsi dari jenis otot seperti ditunjuk gambar adalah....
A. menyusun organ jantung
B.
menggerakkan tulang
paha
C.
membentuk persendian
tertentu
D.
menyusun organ
lambung
Kunci : A
Penjelasan :
Struktur otot seperti ditunjuk
pada gambar adalah jenis otot jantung berfungsi menyususn organ jantung. Ciri
khas dari otot jantung adalah antara sel yang dengan yang lainnya saling
berhubungan, berseran melintang, berinti, kerja tak sadar.
32.
Indikator SKL :
Menjelaskan sistem
ekskresi/reproduksi pada manusia/penyakit yang berhubungan
dengannya.
dengannya.
Indikator Soal :
Siswa dapat menyebutkan salah satu fungsi bagian alat
reproduksi pada manusia
Butir Soal :
Fungsi dari ovarium
pada organ reproduksi manusia adalah...
A.
menghasilkan hormon
testosteron
B.
tempat tumbuhnya
embrio
C.
memproduksi sel
sperma
D. menghasilkan sel telur (ovum)
Kunci : D
Penjelasan :
Jumlah ovarium adalah 1 pasang,
terletak di dalam rongga perut, berfungsi untuk pembentukan sel telur dan
menghasilkan hormon estrogen dan progesteron. Pembentukan sel telur terjadi
melalui pembentukan folikel. Hormon estrogen berfungsi untuk menimbulkan
tanda-tanda kelamin sekunder pada wanita, di antaranya: payudara membesar,
suara semakin tinggi, kulit semakin halus, panggul membesar dan lain-lain.
33.
Indikator SKL :
Menjelaskan sistem saraf/alat
indera pada manusia.
Indikator Soal :
Disajikan salah
satu gambar indera, siswa dapat menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk
Butir soal :
Perhatikan gambar!
Bagian yang ditunjuk dengan tanda S berfungsi ....
A. menangkap bayangan benda yang masuk
B.
mempertajam
bayangan benda yang masuk
C.
menghantarkan
rangsang cahaya ke otak
D.
memperkecil
bayangan benda yang masuk
Kunci : A
Penjelasan :
gambar yang ditunjukkan pada
soal adalah mata. Bagian yang ditunjuk tanda panah adalah bagian retina mata.
Fungsi bagian ini adalah menangkap bayangan benda yang masuk. Bayangan benda
ini kemudian akan dilanjutkan oleh serabut sarah dihantarkan menuju ke otak
untuk diterjemahkan.
34.
Indikator SKL :
Menjelaskan struktur dan fungsi
jaringan/organ pada tumbuhan.
Indikator Soal :
Siswa dapat menentukan pembeda antara tumbuhan dikotil
dan monokotil
Butir soal
:
Salah satu bagian yang
membedakan struktur organ tumbuhan dikotil dengan monokotil diantaranya
adalah...
A.
susunan berkas
pengangkutnya yang menyebar
B.
memiliki jumlah
stomata yang banyak
C. tulang daunnya
yang menjari dan menyirip
D.
jenis akarnya adalah serabut
Kunci : C
Penjelasan :
Perbedaan
umum tumbuhan monokotil dan dikotil dapat dilihat dari gambar berikut.
35.
Indikator SKL :
Menjelaskan respons
tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar
Indikator Soal :
Siswa
dapat menentukan bentuk respon yang dilakukan oleh jenis tumbuhan tertentu
apabila ada pengaruh dari lingkungan luar
Butir Soal :
Respon Chlamidomonas saat diberi
rangsang cahaya adalah ...
A. bergerak mendekati sumber cahaya
B.
bergerak
menjauhi arah cahaya
C.
menggulungkan
tubuhnya
D.
diam
tidak memberikan respon
Kunci : A
Penjelasan :
Chlamydomonas adalah
genus dari ganggang hijau. Mereka uniselular dan bergerak dengan flagelata.
Chlamydomonas digunakan sebagai model organisme untuk biologi molekular,
terutama pembelajaran pergerakkan flagellar dan pergerakan kloropas. Karena
memimiliki kloroplas maka Chlamidomonas
melakukan proses fotosintesis. Ganggang hijau ini memerlukan cahaya untuk
proses tersebut.
36.
Indikator SKL :
Menjelaskan proses
fotosintesis melalui percobaan-percobaan tentang proses tersebut
Indikator Soal :
Disajikan gambar
percobaan Ingenhousz, siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada
percobaan tersebut
Butir Soal
:
Perhatikan gambar percobaan
Ingenhousz berikut ini!
Pada proses percobaan di atas pernyataan berikut yang sesuai adalah...
A.
Pada tabung X terdapat senyawa glukosa hasil fotosintesis.
B.
Hidrilla akan
bereaksi dengan air untuk berfotosintesis.
C.
Air dalam bejana
berubah warna hijau seperti hidrilla.
D. Akhir dari proses tersebut dihasilkan gas CO2.
Kunci :D
Penjelasan :
Percobaan Ingenhousz adalah
salah satu contoh percobaan yang dilakukan untuk mengetahui hasil proses
fotosintesis. Pada percobaan ini tumbuhan yang dipergunakan adalah tumbuhan air
(misal: Hidrilla) yang dimasukkan dalam bejana berisi air. Corong yang digunakan
dimanfaatkan untuk mengarahkan gas hasil proses fotosintesis agar mengalir
menuju tabung reaksi yang diposisikan tertelungup. Gas hasil proses fotosintesis diharapkan
tertampung pada bagian pangkal tabung reaksi (ditunjuk X). Untuk membuktikan
apakah gas tersebut adalah oksigen maka setelah tabung reaksi diangkat dan
bagian mulut tabung didekatkan dengan bara api maka bara api membesar. Hal ini
terjadi karena pada proses pembakaran diperlukan oksigen.
37.
Indikator SKL :
Menjelaskan pertumbuhan dan
perkembangan pada makhluk hidup.
Indikator Soal :
Siswa dapat membedakan pertumbuhan primer dan
sekunder pada tumbuhan
Butir Soal :
Contoh bentuk pertumbuhan
sekunder sehingga membedakan dengan pertumbuhan primer pada tumbuhan adalah....
A.
munculnya bunga
pada ketiak daun atau ujung batang
B.
bertambahnya diameter batang pada tanaman
dikotil
C.
batang yang tumbuh
tinggi karena pembelahan sel apikal
D.
tumbuhnya ujung
akar ke arah dalam tanah
Kunci : B
Penjelasan :
Pertumbuhan
sekunder terjadi pada tanaman Dikotil
maupun Gymnospermae terjadi karena
adanya proses pembelahan pada jaringan meristem lateral/sekunder pada kambium.
Pertumbuhan dari jaringan meristem ini menyebabkan bagian kambium mengalami
pertumbuhan ke arah samping (pertambahan diameter) sehingga batang
dikotil/gymnospermae dapat membesar.
38.
Indikator SKL :
Memberi contoh adaptasi makhluk
hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup
Indikator Soal :
Siswa dapat menyebutkan faktor-faktor yang mendukung
seleksi alam
Butir Soal :
Faktor-faktor yang mempengaruhi
seleksi alam diantaranya adalah....
A.
genetik, banjir,
dan gempa bumi
B. perubahan iklim, bencana alam, dan badai
C.
hormon, nutrisi,
dan kesehatan lingkungan
D.
kelembaban tinggi,
kekeringan dan keturunan
Kunci : B
Penjelasan :
Seleksi alam
adalah proses atau gejala alam yang menyebabkan makhluk hidup dapat bertahan
hidup atau tidak. Proses atau gejala alam yang dimaksud diantarnya: perubahan
lingkungan (iklim, cuaca, badai, bencana alam dll), persaingan antarorganisme
(kompetisi) dan proses makan dimakan
39.
Indikator SKL :
Menginterpretasi proses
persilangan berdasarkan hukum Mendel.
Indikator Soal :
siswa dapat menentukan
perbandingan/persentase genotip/fenotip filial dari hasil persilangan dihibrid
dominasi penuh.
Butir Soal
:
Persilangan antara tanaman
ercis berbiji bulat warna kuning (BbKK) dengan tanaman ercis berbiji kerut
warna kuning (bbKK) maka akan dihasilkan tanaman ercis berbiji bulat warna
kuning sebesar....
A.
25%
B.
50%
C.
75%
D.
100%
Kunci : B
Penjelasan :
P --------->
BbKK X bbKK
Bulat kuning kerut kuning
Gamet --->
BK,bK bK
F
BK
|
bK
|
|
bK
|
BbKK
(Bulat kuning)
|
bbKK
(kerut Kuning)
|
Perbandingan fenotipnya adalah Bulat Kuning: kerut kuning
= 1: 1 atau 50%: 50%, jadi fenotipbulat kuning adalah 50%
40.
Indikator SKL :
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan
manusia.
Indikator Soal :
Butir Soal :
Mikrobia yang dimanfaatkan dalam bidang pertanian
diantaranya adalah....
A. Rhizobium radicicola
B.
Rhizopus oryzae
C.
Acetobacter xylimum
D.
Ascaris
lumbricoides
Kunci: A
Penjelasan: Rhizobium
radicicola adalah jenis bakteri yang dapat hidup pada bintil akar khususnya kacang-kacangan (Rhizobium radicicola). Bentuk simbiosis
antara bakteri ini dengan tanaman inang adalah bakteri menyuburkan tanaman
karena bakteri mendapatkan zat hara yang kaya energi dari tanaman inang
sedangkan tanaman inang mendapatkan senyawa nitrogen dari bakteri untuk
melangsungkan kehidupannya. Untuk
menambat nitrogen, bakteri ini menggunakan enzim nitrogenase, dimana enzim ini
akan menambat gas nitrogen di udara dan merubahnya menjadi gas amoniak.
Rhizopus oryzae adalah jenis dari kelompok jamur yang biasa dimanfaatkan dalam teknologi pangan
terutama dalam pembuatan tempe
Acetobacter xylinum: Jenis mikrobia yang dimanfaatkan dalam pembuatan nata de coco (sari kelapa)
Ascaris lumbricoides: adalah jenis cacing gilig yang
bersifat parasit bagi manusia. Hidup dalam perut manusia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar