1. BAHASA INDONESIA SMP/MTs
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Membaca dan
memahami berbagai
teks nonsastra
(biografi, artikel,
berita, iklan,
tabel/diagram, bagan,
grafik, peta,
denah), berbagai karya
sastra (puisi,
antologi puisi, cerpen,
buku kumpulan
cerpen, cerita anak,
buku cerita
anak, novel remaja, novel
angkatan
20 – 30-an, dan drama).
|
Mengidentifikasi
isi dan bagian suatu teks.
|
Menentukan
persamaan isi berita.
|
||
Menentukan
perbedaan penyajian berita.
|
||
Mengidentifikasi
isi teks biografi/iklan
|
||
Menentukan
kalimat fakta/opini dalam teks iklan.
|
||
Menyimpulkan
isi paragraf.
|
||
Mengidentifikasi
isi grafik, tabel, bagan, denah.
|
||
Mengidentifikasi
unsur intrinsik puisi.
|
||
Mengidentifikasi
unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak.
|
||
Mengidentifikasi
perbedaan karakteristik dua novel
|
||
Mengidentifikasi
unsur intrinsik drama.
|
||
2.
|
2. Menulis dan
menyunting teks
nonsastra
dengan menggunakan
kosakata yang
bervariasi dan efektif
dalam bentuk
buku harian, surat
pribadi, surat
dinas, narasi dan pesan
singkat,
laporan, pengumuman,
petunjuk,
rangkuman, teks berita,
slogan/
poster, iklan, resensi dan
karangan,
surat pembaca, teks pidato,
dan karya
ilmiah; menulis teks sastra
dalam bentuk
puisi, pantun, dongeng,
cerpen, dan
drama.
Melengkapi
naskah drama.
|
Menulis
catatan pengalaman pada buku harian.
|
Menulis
pesan singkat sesuai konteks
|
||
Menulis
laporan/pengumuman/resensi.
|
||
Melengkapi
surat pribadi/surat dinas/surat pembaca
|
||
Menulis
rangkuman.
|
||
Menulis teks
berita sesuai konteks.
|
||
Menulis
slogan sesuai konteks.
|
||
Menulis iklan
sesuai konteks.
|
||
Menyusun
petunjuk melakukan sesuatu.
|
||
Menulis teks
pidato.
|
||
Menulis
rumusan masalah karya ilmiah/saran karya ilmiah/daftar pustaka.
|
||
Menyunting
kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata.
|
||
Melengkapi
pantun
|
||
Melengkapi
puisi.
|
||
Melengkapi
naskah drama
|
2. BAHASA INGGRIS SMP/MTs
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
READING (Membaca)
Memahami makna
dalam wacana
tertulis
pendek baik teks fungsional
maupun esai
sederhana berbentuk
deskriptif (descriptive, procedure,
maupun report)
dan naratif (narrative
dan recount)
dalam konteks
kehidupan
sehari-hari.
|
Menentukan
gambaran umum/pikiran utama paragraf
atau informasi
tertentu/informasi rinci/informasi
tersirat atau
rujukan kata atau makna kata/frasa atau
tujuan
komunikatif dalam teks fungsional pendek
berbentuk caution/notice/warning,
greeting card,
letter/e-mail,
short message, advertisement,
announcement, invitation,
schedule
|
Menentukan
gambaran umum/pikiran utama paragraf
atau informasi
tertentu/informasi rinci/informasi
tersirat atau
rujukan kata atau makna kata/frasa atau
tujuan
komunikatif dalam teks berbentuk procedure.
|
||
Menentukan
gambaran umum/pikiran utama paragraf
atau informasi
tertentu/informasi rinci/informasi
tersirat atau
rujukan kata atau makna kata/frasa atau
tujuan
komunikatif dalam teks berbentuk descriptive.
|
||
Menentukan
gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi
rinci/informasi
tersirat atau
rujukan kata atau makna kata/frasa atau
tujuan
komunikatif dalam teks berbentuk recount.
|
||
Menentukan
gambaran umum/pikiran utama paragraf
atau informasi
tertentu/informasi rinci/informasi
tersirat atau
rujukan kata atau makna kata/frasa atau
pesan
moral/tujuan komunikatif dalam teks berbentuk
narrative.
|
||
Menentukan
gambaran umum/pikiran utama paragraf
atau informasi
tertentu/informasi rinci/informasi
tersirat atau
rujukan kata atau makna kata/frasa atau
tujuan
komunikatif dalam teks berbentuk report.
|
||
2.
|
WRITING (Menulis)
Mengungkapkan
makna secara tertulis
teks
fungsional pendek dan esai
sederhana
berbentuk deskriptif
(descriptive,
procedure, maupun
report) dan naratif
(narrative dan
recount) dalam
konteks kehidupan
sehari-hari.
|
Menentukan
kata yang tepat untuk melengkapi teks
rumpang
bentuk recount/narrative sederhana.
|
Menentukan
kata yang tepat untuk melengkapi teks
rumpang
bentuk descriptive/procedure sederhana
|
||
Menentukan
susunan kata yang tepat untuk membuat
kalimat
yang bermakna.
|
||
Menentukan
susunan kalimat yang tepat untuk
membuat
paragraf yang padu dan bermakna.
|
3. MATEMATIKA SMP/MTs
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Menggunakan
konsep operasi hitung
dan
sifat-sifat bilangan, perbandingan,
bilangan
berpangkat, bilangan akar,
aritmetika
sosial, barisan bilangan,
serta
penggunaannya dalam
pemecahan
masalah.
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
operasi
tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan.
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
perbandingan.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
operasi
bilangan berpangkat atau bentuk akar.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
perbankan atau
koperasi dalam aritmetika sosial sederhana.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
barisan
bilangan dan deret.
|
||
2.
|
Memahami operasi bentuk aljabar,
konsep
persamaan dan
pertidaksamaan
linier, persamaan
garis,
himpunan, relasi, fungsi, sistem
persamaan
linier, serta
penggunaannya
dalam pemecahan
masalah.
.
|
Menentukan
pemfaktoran bentuk aljabar.
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
persamaan
linier atau pertidaksamaan linier satu
variabel.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
himpunan.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
fungsi.
|
||
Menentukan
gradien, persamaan garis, atau
grafiknya.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
sistem
persamaan linier dua variabel
|
||
3.
|
Memahami
konsep kesebangunan,
sifat dan
unsur bangun datar, serta
konsep
hubungan antarsudut dan/atau
garis, serta
menggunakannya dalam
pemecahan
masalah.
|
Menyelesaikan
masalah menggunakan teorema
Pythagoras.
istimewa pada
segitiga.
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
keliling
bangun datar.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
kesebangunan
atau kongruensi.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
hubungan dua
garis: besar sudut (penyiku atau
pelurus).
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan garis garis
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
unsur-unsur/bagian-bagian
lingkaran atau hubungan dua lingkaran.
|
||
4.
|
Memahami sifat
dan unsur bangun
ruang, dan
menggunakannya dalam
pemecahan
masalah.
|
Menentukan
unsur-unsur pada bangun ruang.
|
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
kerangka atau
jaring-jaring bangun ruang.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan
volume bangun
ruang.
|
||
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang.
|
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM SMP/MTs
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Melakukan
pengukuran dasar secara
teliti dengan
menggunakan alat ukur
yang sesuai
dan sering digunakan
dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan besaran
pokok, besaran turunan dansatuannya atau penggunaan alat ukur dalam
kehidupan
sehari-hari.
|
2.
|
Menerapkan
konsep zat dan kalor
serta
kegunaannya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Menentukan
sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Menentukan
konversi suhu pada termometer.
|
||
Menentukan
besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat
dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
3.
|
Mendeskripsikan
dasar-dasar
mekanika
(gerak, gaya, usaha, dan
energi) serta
penerapan konsep
tekanan dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan
jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan
besaran fisis pada usaha atau energi
|
||
Menentukan penerapan
pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan
besaran fisis yang terkait dengan
tekanan
pada suatu zat.
|
||
4.
|
Memahami
konsep-konsep dan
penerapan,
getaran, gelombang,
bunyi, dan
optik dalam produk
teknologi
sehari-hari.
|
Menentukan
besaran fisis pada getaran atau
gelombang.
|
Menjelaskan
sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan sifat
cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan alat
optik dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
5.
|
Memahami
konsep kelistrikan dan
kemagnetan
serta penerapannya
dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Menjelaskan
gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan
besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum
Ohm atau Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan
besaran fisis energi atau daya listrik dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menjelaskan
cara pembuatan magnet dan kutub kutub yang dihasilkan
|
||
Menjelaskan
peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator.
|
||
6.
|
Memahami
sistem tata surya dan
proses yang
terjadi didalamnya.
|
Menjelaskan
ciri-ciri anggota tata surya atau
peredaran
bumi-bulan terhadap matahari.
|
7.
|
Mendeskripsikan
konsep atom, ion
dan molekul
dihubungkan dengan
produk kimia
sehari-hari.
|
Mendeskripsikan
atom, ion, dan molekul serta
hubungannya
dengan produk kimia sehari-hari.
|
8.
|
Memahami
klasifikasi zat serta perubahannya
|
Mendeskripsikan
larutan asam, basa, atau garam.
|
Mendeskripsikan
unsur, senyawa dan campuran termasuk rumus kimia.
|
||
Mendeskripsikan
sifat kimia atau fisika zat tertentu serta perubahannya.
|
||
9.
|
Mendeskripsikan
pemakaian bahan
kimia tertentu
dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Mendeskripsikan
bahan kimia tertentu yang terdapat dalam beberapa produk kimia.
|
Mendeskripsikan
bahan kimia adiktif dan obat
psikotropika
serta cara menghindarinya.
|
||
10.
|
Mendeskripsikan
ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta
pentingnya
pelestarian makhluk hidup
dalam
kehidupan.
|
Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup.
|
Mengelompokkan
makhluk hidup berdasarkan ciricirinya.
|
||
11.
|
Mendeskripsikan
komponen
ekosistem,
interaksi antarmakhluk
hidup dalam
lingkungan, serta peran
manusia dalam
pengelolaan
lingkungan.
|
Menjelaskan
interaksi antar makhluk hidup dalamekosistem.
|
Menjelaskan
usaha manusia untuk mengatasi
pencemaran/kerusakan
lingkungan.
|
||
Menjelaskan
hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan
berdasarkan hasil pengamatan/kasus.
|
||
12.
|
Menjelaskan
sistem organ pada
manusia.
|
Menjelaskan
sistem gerak pada manusia dan
penyakit yang
berhubungan dengannya.
|
Menjelaskan
sistem pencernaan manusia dan enzim enzim yang berperan pada proses
pencernaan.
|
||
Menjelaskan
sistem pernapasan pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan
sistem peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan
sistem ekskresi dan reproduksi pada manusia dan penyakit yang berhubungan
dengannya.
|
||
Menjelaskan
sistem saraf dan alat indera pada
manusia.
|
||
13.
|
Menjelaskan
sistem organ dalam
kehidupan
tumbuhan
|
Menjelaskan
struktur dan fungsi jaringan (organ) pada tumbuhan.
|
Menjelaskan
cara beradaptasi (respon) tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
|
||
Menjelaskan
proses fotosintesis melalui percobaan percobaan tentang proses tersebut
|
||
14.
|
Mengaplikasikan
konsep
pertumbuhan
dan perkembangan,
kelangsungan
hidup dan pewarisan
sifat pada
organisme serta kaitannya
dengan
lingkungan, teknologi dan
masyarakat.
|
Memberi contoh
adaptasi makhluk hidup dan seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk
hidup.
|
Menginterpretasi
proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.
|
||
Menjelaskan
pemanfaatan bioteknologi untuk
kehidupan
manusia.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar